Share

Asal Usul Nama Kota Pontianak, Ada Cerita Mistis di Baliknya

Rifqa Nisyardhana, Okezone · Rabu 30 November 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 337 2717783 asal-usul-nama-kota-pontianak-ada-cerita-mistis-di-baliknya-eAkfgYv5So.jpg Tugu Khatulistiwa di Pontianak. (Foto: Antara)

JAKARTAKota Pontianak berada di wilayah Kalimantan Barat. Julukan dari kota ini adalah “Kota Khatulistiwa” karena wilayahnya melintasi garis lintang nol derajat.

Kota ini pun juga dikenal dengan sebutan Pinyin oleh etnis Tionghoa di Pontianak. Asal usul namanya kerap kali dikaitkan dengan mitos kuntilanak yang beredar dan ada pula legenda-legenda lainnya.

Syarif Abdurrahman, seorang anak dari penyebar ajaran Islam dari Arab yang bernama Al Habib Husin. Dia mendirikan Kota Pontianak pada 23 Oktober 1771.

Pendiriannya ini ditandai dengan pembukaan hutan di persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar.

Kemudian di tahun 1778, Syarif Abdurrahman ditetapkan menjadi Sultan Pontianak I. Letak pusat pemerintahannya berada di Mesjid Raya Sultan Abdurrahman Alkadrie dan Istana Kadriyah. Sekarang terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

Mengutip dari buku “Asal-Usul Kota-Kota di Indonesia Tempo Doeloe” karya Zaenuddin (2014), Syarif Abdurrahman sering mendapat gangguan dari kuntilanak ketika sedang menyusuri Sungai Kapuas.

Karena gangguan itu, dia melepaskan tembakan meriam dengan terpaksa guna mengusir kuntilanak tersebut.

Baca juga: Wapres Berikan Program Beasiswa di Pontianak, 926 Anak Pekerja Dipastikan Tidak Putus Sekolah

Tembakan meriam itu jatuh di dekat persimpangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang menjadi wilayah kesultanannya. Sekarang tempat itu dikenal dengan nama Kampung Beting.

Selain kisah itu, ada masyarakat yang mempercayai bahwa asal-usul nama Pontianak berasal dari legenda Ayunan Anak dan Pohon Punti.

Di dalam ceritanya, Kota Pontianak berasal dari ayunan anak yang berada di sekitar Masji Jami’. Ayunan ini biasa digunakan oleh anak-anak yang keluarganya bekerja.

Kemudian legenda lainnya, yaitu berasal dari kata pohon punti. Pohon punti atau pohon ponti artinya adalah pohon-pohon yang tinggi. Saat itu, Kalimantan banyak ditumbuhi pohon yang tinggi. Maka dari itu, lahirlah nama Pontianak.

Ada pula versi lain dari sejarah pendirian Kota Pontianak. Dalam buku “Borneos Wester Afdeling” karya seorang sejarawan Belanda, V.J. Verth ini isinya berbeda.

Follow Berita Okezone di Google News

Buku ini menceritakan saat Belanda masuk ke Pontianak pada 1194 dari Batavia. Verth menyebutkan bahwa Syarif Abdurrahman meninggalkan Kerajaan Mempawah. Dia mengumpulkan modal untuk mempersenjatai kapal pencalang dan perahu lancangnya.

Setelah itu, Syarif Abdurrahman melakukan perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Dia dibantu oleh Sultan Pasir untuk membajak kapal Belanda di dekat Bangka, kapal Inggris dan Prancis di Pelabuhan Pasir.

Syarif Abdurrahman pun menjadi kaya dan membangun pemukiman di pulau dekat Sungai Kapus.

Dia menemukan percabangan Sungai Landak dan mengembangkan daerah tersebut menjadi pusat perdagangan. Wilayah itu pun dikenal dengan nama Pontianak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini