Share

5 Keris Paling Sakti di Tanah Jawa, Termasuk Keris Mpu Gandring

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 337 2717597 5-keris-paling-sakti-di-tanah-jawa-termasuk-keris-mpu-gandring-Dc1nQC6Ftd.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Keris paling sakti di Tanah Jawa memang menarik untuk dibahas. Beda ini termasuk salah satu pusaka yang kerap digunakan oleh anggota kerajaan sebagai senjata.

Bagi sebagian masyarakat Jawa, keris sakti banyak dihormati dengan memberikan ritual tertentu.

Ada beberapa keris yang juga dianggap paling sakti. Lantas, keris apa saja yang paling sakti di Tanah Jawa? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman okezone berikut ini.

1. Keris Nogososro

Nogososro sendiri simbol kepemimpinan yang adil dan bijaksana. Naga yang ada dalam keris ini berarti kekuatan dan kekuasaan.

Keris ini memiliki motif naga utuh dari bagian gandhik sampai ekor dengan mulut naga yang menggigit batu intan.

Lalu memiliki 1.000 sisik dengan makna untuk menolak 1.000 bencana.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Keris Mpu Gandring

Pusaka ini memiliki kutukan dari sang pembuat, Mpu Gandring. Keris ini diketahui menewaskan tujuh raja Singasari.

Hal ini berasal dari sifat tak sabaran pemilik keris. Awalnya, pusaka ini dibuat atas pesanan Ken Arok untuk membunuh Tunggul Ametung sebab jatuh cinta kepada istri Tunggul Ametung.Sayangnya, malah diberi kutukan

3. Keris Ageng Kopek

Pusaka utama di lingkungan Keraton Yogyakarta ini merupakan peninggalan Sunan Kalijaga. Sejak Pakubuwono III memberikan keris tersebut kepada Hamengkubuwono I, keris ini selalu menyertai raja dan hingga Hamengkubuwono X, pusaka ini selalu dipakai. Pusaka tersebut pun hanya bisa dipegang oleh Sultan yang bertahta di Keraton Yogyakarta.

4. Keris Joko Piturun

Masih pusaka di lingkungan Keraton Yogyakarta, keris ini diberikan kepada putra mahkota. Konon dalam sabda raja Sultan Hamengkubuwono X, ia akan menyempurnakan keris Kanjeng Joko Piturun ini yang merupakan pengubahan perjanjian Kerajaan Mataram.

5. Keris Setan Kober

Dikenal dengan sebutan Bronggot Setan Kober, keris buatan Mpu Supo Mandrangi ini dimiliki oleh Sunan Kudus. Keris ini lalu diwariskan kepada muridnya, Arya Penangsang atau Adipati Jipang Panolan.

Arya Penangsang dikenal memiliki kemampuan sakti dengan kepribadiannya yang tegas. Sementara, keris setan kober terkenal sebagai pusaka yang haus darah dan membawa hawa panas.

Dalam sejarah disebutkan, Arya Penangsang, tewas terhunus kerisnya sendiri. Hingga kini, tak ada yang tahu pasti di mana keberadaan keris pusaka sakti ini.

Itulah 5 keris paling sakti di Tanah Jawa yang pernah menjadi pusaka pada masanya.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini