Share

Waspada! Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia Akibat Bibit Siklon 90W

Binti Mufarida, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 337 2717514 waspada-hujan-lebat-berpotensi-terjadi-di-sejumlah-wilayah-indonesia-akibat-bibit-siklon-90w-9xuDXkF4rl.jpg Illustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya Bibit Siklon Tropis 90W di Samudera Pasifik utara Papua. Bibit Siklon Tropis 90W ini bisa meningkatkan awan hujan sehingga berpotensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia.

โ€œBibit Siklon 90W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Kalimantan Utara dan di Papua Barat,โ€ ungkap BMKG dalam keterangannya, Rabu (29/11/2022).

ย BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Hari Ini, Waspada Hujan Malam Hari di Jakarta

Sementara itu, BMKG mengungkapkan daerah tekanan rendah terpantau di teluk Carpentaria yang membentuk daerah konvergensi memanjang di NTT, dari Laut Banda hingga Maluku dan di Papua bagian utara.

Konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Bengkulu, di Lampung, di laut Jawa, di Jawa Tengah, Laut Natuna, di Jawa Timur, dari selat Makassar bagian selatan hingga Sulawesi Selatan, dan di Sulawesi bagian tengah, serta daerah pertemuan angin atau konkluensi di Sumatera bagian tengah.

ย BACA JUGA:Meski Masuki Musim Hujan, BMKG Masih Temukan 18 Titik Panas di Kaltim

โ€œKondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Bibit Siklon Tropis daerah tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi atau konkluensi tersebut,โ€ ungkap BMKG.

Follow Berita Okezone di Google News

BMKG juga melaporkan adanya labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif sehingga meningkatkan potensi hujan pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Selain itu, BMKG mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Indonesia wilayah yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor dengan status siaga pada tanggal 30 November 2022 berpotensi terjadi di wilayah Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. โ€œDan untuk tanggal 1 Desember 2022 berpotensi di wilayah Sulawesi Selatan,โ€ katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini