Share

Legenda Keris Empu Gandring dan Kutukan Tumbal Nyawa 7 Turunan Ken Arok

Tim Okezone, Okezone · Rabu 30 November 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 337 2717194 legenda-keris-empu-gandring-dan-kutukan-tumbal-nyawa-7-turunan-ken-arok-5MqJez9xex.jpg ilustrasi.

KERIS Empu Gandring adalah senjata pendiri Kerajaan Singasari, Ken Arok, yang konon memiliki kesaktian dan kutukan mengerikan. Senjata yang dikisahkan terbuat dari batu meteor ini bahkan mencabut nyawa pembuat dan pemiliknya sendiri.

Menurut legenda, Ken Arok meminta Empu Gandring membuat keris ini hanya dalam waktu semalam saja. Namun, setelah Empu Gandring selesai membuat keris tersebut, Ken Arok menggunakan senjata itu untuk menusuk sang pandai besi karena dianggap gagal menyelesaikan pembuatan sarungnya tepat waktu.

Dalam kondisi sekarat, Empu Gandring mengucapkan kutukan, mengatakan bahwa keris tersebut akan meminta tumbal nyawa tujuh turunan dari Ken Arok.

Ken Arok menggunakan keris barunya untuk membunuh penguasa Tumapel, Tunggul Ametung untuk merebut istrinya Ken Dedes. Ken Arok juga merebut posisi Tunggul Ametung sebagai penguasa Tumapel dan mendirikan Kerajaan Singasari.

Setelah sempat menutupi pembunuhan Tunggul Ametung dengan menjadikan temannya Kebo Ijo sebagai kambing hitam, perbuatan Ken Arok akhirnya terungkap juga. Anusapati, putra dari Tunggul Ametung dengan Ken Dedes membalaskan dendam ayahnya dengan membunuh Ken Arok menggunakan keris Empu Gandring.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, kekuasaan Anusapati tidak berlangsung lama karena putra Ken Arok, Tohjaya balik membalas dendam dan membunuh Anusapati, lagi-lagi dengan keris Empu Gandring.

Meski pada akhirnya kutukan Empu Gandring tidak menjadi kenyataan, keris buatannya mengambil setidaknya tujuh nyawa, termasuk Empu Gandring sendiri, Ken Arok, Tunggul Ametung, bahkan Ken Dedes juga disebut tewas karena keris tersebut.

Baca Berita Selengkapnya: Keris Terkutuk Empu Gandring, Minta Tumbal 7 Keturunan Ken Arok

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini