Share

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Bisa Digelar 2 Pekan Lagi

Riana Rizkia, MNC Portal · Selasa 29 November 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 337 2717148 fit-and-proper-test-calon-panglima-tni-bisa-digelar-2-pekan-lagi-tfpzK7RCVL.jpg Calon Panglima TNI Yudo Margono (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI bisa digelar dua pekan lagi, setelah surat presiden (surpres) diserahkan ke DPR RI.

"Kalau ditanya kapan rentang waktunya, ya dari hari ini sampai 16 Desember fit and proper test itu masih mungkin dilakukan," kata Meutya melalui video keterangan resminya yang diunggah di instagram @meutya_hafid, Selasa (29/11/2022).

Meutya menjelaskan, ketika surpres dikirimkan ke DPR, maka pimpinan DPR harus melakukan rapat terlebih dahulu, dan kemudian barulah Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI akan menugaskan Komisi I.

"Jadi ketika Surpres dikirimkan ke DPR, ini di dalam ranah pimpinan DPR, pimpinan DPR kemudian akan mengadakan rapim, bamus, dan bamus baru akan kemudian mengirimkan kepada Komisi terkait dalam hal ini Komisi I," ucapnya.

"Artinya Komisi I harus memiliki dasar tersebut untuk melakukan fit and proper test, jadi mohon bersama bagi teman teman yang terus menanyakan apakah hari ini atau besok, Karena Komisi I belum memegang dasarnya untuk melakukan fit and proper test," sambungnya.

Ketika Bamus sudah menugaskan Komisi I, Meutya menegaskan, pihaknya akan segera menggelar fit and proper test calon Panglima TNI.

"Karena itu kami akan menunggu Bamus dan segera setelah Bamus menugaskan Komisi I, inshaAllah Komisi I siap untuk segera mengadakan fit and proper test calon Panglima TNI," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini