Share

Ciut dengan Ferdy Sambo, AKBP Ridwan: Kita Berhadapan dengan Seorang Kadiv Propam

Ari Sandita Murti, MNC Portal · Selasa 29 November 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 337 2717082 ciut-dengan-ferdy-sambo-akbp-ridwan-kita-berhadapan-dengan-seorang-kadiv-propam-mcD8GtRlrv.jpg Ferdy Sambo saat jabat Kadiv Propam

JAKARTA -Hakim Wahyu Iman Santoso mengatakan, luar biasa berita acara interogasi dibuat berdasarkan pesanan.

Hal itu diutarakan hakim saat mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit memberikan keterangannya di sidang dugaan kasus pembunuhan Brigadir J dengan terdakwa Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo.

(Baca juga: Sidang Pembunuhan Brigadir J, Hakim: Luar Biasa Sekali Perkara Pembunuhan, LP Dibuat Berdasarkan Pesanan!)

"Luar biasa sekali perkara pembunuhan laporan polisi berita acara interogasi dibuat berdasarkan pesanan," ujar hakim di persidangan, Selasa (29/11/2022).

Menurut Ridwan, Kapolres Jaksel kala itu mengiyakan tentang berita interogasi tersebut meski dia sejatinya hanya menginginkan berita acara interogasi itu dilakukan sesuai kronologi saja. Kala itu, anggotanya membuat kronologi tersebut lantaran Arif Rachman menyampaikan perintah Ferdy Sambo.

"Kan saudara menolak nih tapi anggota saudara tetap menjalankan karena gak sinkron nih? Seberapa besar sih ketakutan anggota saudara sama terdakwa FS pada saat itu?," tanya hakim.

"Betul yang mulia. Ya saat itu pak FS sebagai Kadiv Propam, karena kita berhadapan dengan seorang Kadiv Propam yang mulia dan kita lihat dari awal TKP kan perangakat Propam sudah ada. Mereka sudah berada disitu yang kita bayangkan kita di dalam pengawasan Kadiv Propam Mabes," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Ridwan mengaku, berita acara interogasi itu lantas diantarkan ke Saguling pada Ferdy Sambo olehnya bersama Kapolres Jaksel dan penyidik hingga akhirnya di kroscek Putri Candrawathi. Saat dirasa sesuai oleh Sambo, berita acara interogasi itu pun ditanda tangani okeh keduanya.

"Jadi bukan hanya berita acara interogasi terhadap Putri saja yang diubah tapi juga berita acara interogasi untuk Sambo?," tanya hakim.

"Betul yang mulia," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini