Share

Ini Nama Asli 8 Pahlawan Indonesia yang Jarang Orang Tahu

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 29 November 2022 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 337 2717061 ini-nama-asli-8-pahlawan-indonesia-yang-jarang-tahu-XT9H0o3iQb.jpg Ilustrasi (Foto: Delcampe

JAKARTA- Ini nama asli 8 pahlawan Indonesia yang tak banyak orang ketahui. Sebagai bagian dari tokoh perjuangan kemerdekan tentunya para pahlawan yang ada rela mempertaruhkan darah demi Tanah Air.

Terdapat beberapa nama pahlawan yang kerap muncul dalam buku sejarah. Namun banyak yang tak mengetahui jika nama tersebut bukanlah nama asli dari tokoh perjuangan tersebut.

Berikut nama asli 8 pahlawan Indonesia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Sukarni

Dia adalah anggota kelompok pemuda yang berani melawan penjajah. Serta menjadi salah satu pahlawan Indonesia berkat perannya dalam kemerdekaan. Dia mendapatkan arahan dari Soekarno dan Moh.Hatta untuk menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia. Serta meminta Soekarno dan Moh.Hatta untuk segera melakukan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.Sukarni sendiri bernama lengkap Sukarti Kartowirjo yang lahir pada tanggal 4 Juli 1916.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Ki Hadjar Dewantara

Dia adalah pendiri sekolah Taman Siswa, sebuah yayasan pendidikan yang memberi kesempatan bagi rakyat jelata untuk mengenyam pendidikan seperti para bangsawan. Ia percaya bahwa gerakan nasionalisme akan berhasil jika masyarakat Indonesia terdidik. Tanggal kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Indonesia.

Hal ini membuatnya sebagai pahlawan nasional. Adapun nama aslinya yakni Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

3. Sultan Hasanuddin

Tak banyak yang tahu, Raja Gowa ke-16 dan pahlawan nasional Indonesia ini terlahir dengan nama I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape. Setelah naik tahta sebagai sultan, pahlawan yang lahir di Gowa, Sulawesi Selatan, 12 Januari 1631 ini mendapat tambahan gelar Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangkana, yang lebih dikenal dengan Sultan Hasanuddin.

Lantaran keberaniannya melawan kolonial Belanda, ia dijuluki De Haantjes van Het Oosten oleh Belanda yang artinya Ayam Jantan atau Ayam Jago dari Timur. Sultan Hasanuddin diangkat sebagai Pahlawan Nasional dengan Surat Keputusan Presiden No. 087/TK/1973, tanggal 6 November 1973.

4. Kapitan Pattimura

Pattimura atau Thomas Matulessy (Ambon, 1783 – Ambon, 16 Desember 1817) adalah Pahlawan Indonesia dari Maluku. Dia pernah bergabung dengan pasukan Inggris, meraih gelar Sersan. Saat itu Belanda harus menyerahkan daerah jajahannya (termasuk Maluku) kepada Inggris, namun pada tahun 1816 Belanda kembali menjajah Maluku. Rakyat Maluku menderita karena penindasan Belanda.

Sebelum berperang, mereka menunjuk Thomas Matulessy sebagai pemimpin mereka. Ini membuatnya dikenal sebagai Kapiten Pattimura

5. Tuanku Imam Bonjol

Tuanku Imam Bonjol adalah sosok yang ada di pecahan uang lima ribu rupiah yang diterbitkan pada 2001. Nama asli pahlawan nasional ini adalah Muhammad Shahab. Imam Bonjol adalah salah satu ulama serta pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada 1803-1838.

Atas jasanya, pada 6 November 1973, Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan SK Presiden RI Nomor 087/TK/Tahun 1973.

6. Pangeran Antasari

Pangeran Antasari terkenal dengan perang heroiknya melawan Belanda dikenal sebagai Perang Banjar (Perang Banjar). Perang Banjar dimulai ketika Pangeran Antasari dan 300 prajuritnya menyerang pertambangan batubara Belanda di Pengaron pada tanggal 25 April 1859. Setelah itu, ia banyak memimpin perang di sekitar Kesultanan Banjar. Tentara Belanda yang dibantu lebih banyak prajurit dari Batavia mampu menekan gerak Antasari, sehingga Antasari harus memindahkan benteng pertahanannya ke Muara Teweh.

Pangeran Antasari adalah pahlawan yang ada di pecahan uang dua ribu rupiah terbitan 2009. Nama masa mudanya adalah Gusti Inu Kartapati, yang lahir pada 14 Maret 1862.

7. Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro yang terkenal dengan taktik gerilya ini bernama asli Bendara Raden Mas Antawirya. Pangeran Diponegoro terkenal lantaran memimpin Perang Diponegoro/Perang Jawa (1825-1830) melawan pemerintah Hindia Belanda.

Presiden Soekarno pada tanggal 8 Januari 1955 pernah menyelenggarakan Haul Nasional memperingati 100 tahun wafatnya Pangeran Diponegoro, sedangkan pengakuan sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 6 November 1973 melalui Keppres No.87/TK/1973.

8. Sisingamangaraja XII

Dia memiliki nama masa kecil Patuan Bosar, yang kemudian digelari dengan Ompu Pulo Batu.Sisingamangaraja XII termasuk pahlawan nasional yang diangkat oleh pemerintah Indonesia sejak tanggal 9 November 1961 berdasarkan SK Presiden RI No 590/1961.

Itulah nama asli 8 pahlawan Indonesia yang hampir semua pernah menjadi sosok yang ada di pecahan uang rupiah.

(RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini