Share

Sambo Perintahkan Keterangan Putri Dimasukkan ke Berita Acara Investigasi ke Polres Jaksel

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Selasa 29 November 2022 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 337 2717043 sambo-perintahkan-keterangan-putri-dimasukkan-ke-berita-acara-investigasi-ke-polres-jaksel-qemaTz08da.jpg Sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel, Selasa (29/11/2022). (MNC Portal/Achmad Al Fiqri)

JAKARTA - Mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Rheky Nellson Soplanit mengaku tak dapat meminta keterangan Putri Candrawathi lantaran kondisinya tak stabil usai pembunuhan Brigadir J. Ia mengaku, pihaknya mendapatkan keterangan Putri dari mantan Wakaden B Ropaminal Divpropam Polri, AKBP Arif Rahman Arifin.

Ridwa mengatakan, Arif meminta keterangan kronologi yang dibawanya dapat dimasukkan ke berita acara investigasi (BAI). Hal itu diungkapkan Ridwan saat bersaksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, di PN Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2022).

"Kemudian saya sampaikan kepada Kapolres saat itu, saya sampaikan 'mohon izin komandan, ini ada AKBP Arif diperintahkan Pak FS untuk buat BAI karena Bu Putri saat itu kondisinya belum bisa ke Polres karena alasannya saat itu lagi trauma," tutur Ridwan.

Mendapat perintah dari Sambo melalui Arif, Ridwan mengaku tak bisa berbuat banyak. Ia menyarankan konsultasi dengan penyidik dulu sebelum memasukkan keterangan Putri ke BAI.

"Saat itu saya kan keberatan yang mulia. Saya keberatan. Saya sampailan bahwa apakah kronologis ini kita sampaikan dalam bentuk pertanyaan. Apakah bisa mewakili semua dari pertanyaan yang ada," tutur Ridwan.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto saat itu tetap mengizinkan keterangan Putri dapat dimasukkan ke BAI.

"Ya saat itu Kapolres mengiyakan karena saat Kapolres datang ke ruang saya, dan melihat prosesnya berjalan. Kemudian sempat menanyakan kembali dan saya menjelaskan bahwa ini berdasarkan kronologi saja yang disalin," tutur Ridwan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini