Share

5 Fakta Jatuhnya Helikopter P1103, Hilang Kontak di Perairan Belitung Timur

Tim Okezone, Okezone · Selasa 29 November 2022 05:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 337 2716607 5-fakta-jatuhnya-helikopter-p1103-hilang-kontak-di-perairan-belitung-timur-t4ON7lMkRB.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

HELIKOPTER Polri P-1103 hilang kontak saat mengudara di perairan Kepulauan Bangka Belitung.

"Jadi, awalnya pukul 08.15 WIB, dua unit helikopter take off dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Minggu 27 November 2022.

Berikut sejumlah fakta terkait hilangnya helikopter NBO105/P-1103 :

1. Hilang Kontak di Belitung Timur

Helikopter Polri hilang kontak di Perairan Kepulauan Bangka Belitung. Kabar itu dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

"Ya benar terjadi hilang kontak," kata Ramadhan kepada wartawan.

Ramadhan berkata, helikopter bernomor registrasi P-1103 dengan jenis NBO hilang kontak saat terbang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight helikopter dari Polda Kalimantan Tengah ke Mako Ditpoludara. Setidaknya, ada empat anggota Polri terbanh dalam dalam helikopter tersebut.

2. Helikopter Layak Terbang

Helikopter dengan data dinyatakan dalam kondisi laik terbang. Helikopter itu dikemudikan oleh empat orang kru.

Heli tersebut tiba di pangkalan Bun, sekitar pukul 11.00 WIB. Lalu, Helikopter P-1103 kembali melanjutkan penerbangan dengan satu helikopter lainnya, bernomor P-1113 ke tujuan yang sama, yakni Tanjung Pandan.

"Dari pangkalan Bun, jadi dua helikopter tadi dari pangkalan Bun menuju Tanjung Pandan Belitung dalam kondisi layak terbang, setelah sebelumnya mengisi bahan bakar," kata Ramadhan.

3. Diterpa Cuaca Buruk

Pukul 13.45 WIB, posisi kedua helikopter sempat diterpa cuaca buruk. Namun, pilot Helikopter P-1113 dan Helikopter P-1103 mengambil keputusan berbeda atas cuaca buruk yang mereka lewati.

"Di mana kapten pilot Helikopter P-1113 mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki. Dan kapten pilot yang satunya, kapten pilot Helikopter P-1103 mengambil keputusan untuk turun menuju ketinggian 3.500 kaki," ungkap Ramadhan.

Sekira pukul 14.00 WIB, kapten pilot Helikopter P-1113 berusaha memanggil kru helikopter P-1103 melalui frekuensi radio helikopter, namun tidak ada jawaban.

"Pukul 14.24 WIB, kapten pilot Helikopter P-1113 setelah landing, jadi landing di Bandara Tanjung Pandan dan cek posisi helikopter P-1103 di tower. Jadi masih lost contact," ujar Ramadhan.

Terungkap, helikopter Polri hilang kontak usai menurunkan ketinggian untuk mengatasi kondisi cuaca tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Nelayan Temukan Bantal Kursi Helikopter

Kapolres Belitung Timur AKBP Taufik Noor Isya yang juga ada di pos pencarian helikopter P 1103 bertempat di pelabuhan ASDP Manggar, Belitung Timur menjelaskan bahwa Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian dan mengumpulkan informasi dari masyarakat yang ada mungkin melihat tanda-tanda dari helikopter.

Dia membenarkan bahwa sejumlah benda diduga bagian dari Helikopter P 1103 sudah ditemukan.

"Memang tadi ada ditemukan beberapa bagian diduga dari bagian helikopter itu berupa sandaran kursi, cuman kita masih belum bisa pastikan apa betul itu bagian dari helikopter yang hilang lost kontak," ujar AKBP Taufik Noor Isya.

Perkembangan malam ini dua kapal masih melakukan pencarian di laut dari tim SAR gabungan. Sedangkan pencarian akan dilanjutkan pada Senin 28 November 2022 pagi.

5. Benda Diduga ELT Helikopter Ditemukan

Seorang Nelayan asal Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, bernama Agus menemukan benda yang diduga sebagai emergency locator transmiter (ELT) Helikopter NBO-105 milik Polri yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur.

Benda berwarna oranye tersebut berhasil ditemukan saat melaut di perairan Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur.

"Bendanya saya temukan mengapung di laut sekitar dua mil dari sini," kata Agus saat menyerahkan benda tersebut kepada petugas di posko pencarian helikopter NBO-105 di pantai Burung Mandi, Damar, Senin (28/11/2022).

Selain menemukan benda tersebut, dia juga menemukan serpihan yang diduga dari helikopter Polri tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini