Share

Apakah TNI Boleh Main Sepakbola? Simak di Sini Jawabannya

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 28 November 2022 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 337 2716328 apakah-tni-boleh-main-bola-simak-di-sini-jawabannya-Y6R92aMurR.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Apakah TNI boleh main bola? Simak disini jawabannya. Banyak orang mempertanyakan hal tersebut mengingat TNI dan sepak bola merupakan dua hal yang jauh berbeda.

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang memiliki banyak penggemar. Tidak hanya di Indonesia, kiprah olahraga sepak bola sudah mendunia. Bahkan, federasi sepak bola dunia (FIFA) mengadakan Piala Dunia dan mempertemukan negara-negara di dunia untuk bertanding sepak bola.

Melihat sepak bola semakin mendunia, banyak orang bertanya apakah TNI boleh main bola? Pasalnya, tak pernah terdengar kabar adanya anggota TNI yang menjadi bagian dari tim sepak bola.

Sepak bola dan TNI merupakan dua profesi berbeda yang menjadi dambaan kaum muda Indonesia. Siapa saja boleh boleh bermain sepak bola bahkan menjadi atlet, termasuk TNI. Tentu saja TNI boleh bermain dan menjadi atlet sepak bola.

Follow Berita Okezone di Google News

Tak sedikit Tentara Nasional Indonesia yang berkarir di dunia kulit bundar. Sudah banyak klub-klub sepak bola yang berafiliasi dengan dunia kemiliteran. Seiring berkembangnya klub sepak bola yang bekerja sama dengan militer, atlet yang berasal dari anggota militer juga turut meningkat.

Namun, anggota TNI yang merangkap menjadi atlet sepak bola memiliki aturan khusus. Mereka tidak dapat berpindah klub begitu saja. Untuk berpindah kesebelasan, anggota TNI harus mengajukan izin kepada atasan.

Bila atasan mengizinkan untuk pindah klub maka anggota TNI dapat pindah klub. Tetapi, bila atasan menolak permintaan pindah klub, anggota TNI harus menetap di klub tersebut.

Afiliasi sepak bola dengan dunia militer sudah terbentuk sejak tahun 2015. Kala itu, PSMS Medan bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia berlaga di Piala Jenderal Soedirman. Sayangnya, afiliasi itu berhenti pada 13 Maret 2016.

Kemudian, klub ini mengakuisisi Persiram Raja Ampat. Klub sepak bola TNI dulu juga pernah bernama PS TNI (Persatuan Sepak bola Tentara Nasional Indonesia) tahun 2016. Di tahun 2018 berubah nama menjadi PS Tira dan PS Tira Persikabo.

Hingga pada tahun 2020, sepak bola dan kemiliteran memiliki klub bernama Persikabo 1973 (Persatuan Sepakbola Indonesia Kabupaten Bogor).

Demikian jawaban dari pertanyaan apakah TNI boleh main bola atau tidak. TNI boleh bermain bola dengan syarat yang telah ditentukan. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini