Share

Ini 7 Pelanggaran Berat TNI, dari Illegal Loging hingga Desersi

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 28 November 2022 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 337 2716322 ini-7-pelanggaran-berat-tni-dari-illegal-loging-hingga-desersi-hwhQerE6nK.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Ada 7 pelanggaran berat TNI yang harus diketahui anggota Tentara Nasional Indonesia. Bila melanggar larangan tersebut, anggota Tentara Indonesia akan mendapatkan teguran hingga pemecatan.

Berdasarkan Undang-Undang RI tahun 1945, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki tugas pokok untuk menegakan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah. TNI juga bertugas melindungi segenap tumpah darah masyarakat Indonesia dari ancaman dan gangguan.

Secara keseluruhan, TNI mengambil peran sebagai alat negara dalam bidang pertahanan. Untuk itu anggota TNI selau dilenggapi dengan pesenjataan yang lengkap. Tidak sembanan TNI menggunakan senjata yang dimilikinya.

Tanpa berlandaskan sikap disiplin, angola TNI hanya segerombolan orang bersenjata yang membahayakan. Dibalik bekal persenjataan, TNI harus membuat masyarakat merasa nyaman. Jangan sampai prajurit mencoreng citra TNI di tengah masyarakat.

Follow Berita Okezone di Google News

Setidaknya ada 7 pelanggaran berat TNI yang harus diketahui oleh prajurit. Sebagai prajurit Indonesia, TNI harus bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, satuan, dan negara.

Dilansir dari laman resmi TNI, ada 7 pelanggaran berat TNI yang harus dipatuhi. Aturan tersebut telah ditetapkan berdasarkan Surat Telegram Pangdam I/BB Nomor STR/25/2007 tanggal 27 Januari 2007. Berikut adalah 7 pelanggaran berat TNI, meliputi:

1.Penyalahgunaan senjata api dan MU Handak (amunisi bahan peledak)

2.Penyalahgunaan narkoba

3.Desersi dan insubordinasi

4.Perkelahian dengan rakyat, TNI dan POLRI

5.Pelanggaran asusila

6.Penipuan, perampokan dan pencurian

7. Perjudian, backing, illegal logging, mining dan fishing

Dengan mengetahui 7 larangan berat tersebut diharapkan TNI dapat menjadi suri tauladan bagi negara. Selain itu, diharapkan prajurit gagah berani dari Indonesia ini semakin dicintai oleh rakyatnya.

Apabila kedapatan salah satu anggota yang melanggar, maka akan mendapatkan Hukum Disiplin Militer. Hukuman tersebut berlandaskan pada Undang - Undang Republik Indonesia No 25 Tahun 2014 tentang Hukuman Disipliner.

Pelanggaran hukum disiplin termaktub dalam Bab V pasal 8 dan pasal 9. Jenis Pelanggaran Hukum Disiplin Militer terdiri atas:

-Segala perbuatan yang bertentangan dengan perintah kedinasan, peraturan kedinasan, atau perbuatan yang tidak sesuai dengan Tata Tertib Militer; dan

-Perbuatan yang melanggar peraturan perundang-undangan pidana yang sedemikian ringan sifatnya.

-Jenis Hukuman Disiplin Militer terdiri atas:

-Teguran

-Penahanan disiplin ringan paling lama 14 (empat belas) hari atau

-Penahanan disiplin berat paling lama 21 (dua puluh satu) hari.

Demikian 7 pelanggaran berat TNI yang harus diketahui anggota Tentara Nasional Indonesia. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini