Share

Langgar Tabu, Raja Sunda Nikahi Perempuan Majapahit yang Telah Bertunangan

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 29 November 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 337 2716281 langgar-tabu-raja-sunda-nikahi-perempuan-majapahit-yang-telah-bertunangan-dYCWizt6zc.jpg Ilustrasi. (Foto: Kawaluhun.com)

JAKARTA - Sejarah Tanah Sunda memiliki keterkaitan erat dengan Kerajaan Majapahit, terutama masa pemerintahan Dyah Ranawijaya atau Raden Kertabhumi. Kejatuhan Prabu Kertabhumi pada 1478 memunculkan gelombang pengungsi dari kerabat keraton Majapahit menuju daerah Kawali.

Kedatangan para pengungsi ini diterima dengan baik oleh penguasa Kawali Raja Galuh Prabu Dewa Niskala, yang menjodohkan putri bungsunya dengan Raden Baribin, saudara seayah Prabu Kertabhumi. Bahkan, Prabu Dewa Niskala pun menikahi seorang perempuan pengungsi yang telah bertunangan.

Dengan menjodohkan Raden Baribin dan Ratna Ayu Kirana, Prabu Dewa Niskala melanggar tabu yang melarang Kerabat keraton Kawali berjodoh dengan kerabat Keraton Majapahit. Selain itu menurut perundang-undangan waktu itu seorang wanita yang bertunangan tidak boleh menikah dengan laki-laki kecuali bila tunangannya meninggal dunia, atau membatalkan pertunangan.

Kedua pelanggaran itu membuat Prabu Dewa Niskala dianggap telah melakukan dosa besar dan memicu perselisihan dengan penguasan Kerajaan Sunda Prabus Susuktunggal, yang mengancam memutuskan hubungan dengan Kerajaan Kawali.

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk mencegah keributan lebih besar, pada 1482, kedua raja itu akhirnya mengundurkan diri dengan Prabu Dewa Niskala menyerahkan tahta Kerajaan Galuh kepada putranya Jayadewata. Prabu Susuktunggal juga menyerahkan takhta Kerajaan Sunda kepada Jayadewata, yang merupakan menantunya.

Dengan peristiwa ini, Kerajaan Wastu Kencana akhirnya kembali pada satu penguasa yang berkedudukan di Pakuan. Pakuan pun akhirnya kembali menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Sunda setelah di Kawali.

Baca Berita Selengkapnya: Kisah Raja Sunda Langgar Aturan dengan Menikahi Perempuan dari Majapahit

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini