Share

6 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit, Ada Pemandian Para Raja

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 28 November 2022 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 337 2716015 6-candi-peninggalan-kerajaan-majapahit-ada-pemandian-para-raja-ioMETKGNq0.jpg Ilustrasi (Foto: Instagram)

JAKARTA- 6 candi peninggalan Kerajaan Majapahit menarik untuk dibahas. Majapahit adalah sebuah kerajaan Hindu-Budha yang terakhir menduduki Indonesia.

Kerajaan Majapahit hampir menduduki sebagian besar wilayah di Indonesia. Nama Majapahit sendiri berasal dari buah Maja yang rasanya sangat pahit.Diketahui peninggalan Kerajaan Majapahit ini sudah ada sejak abad ke 13 sampai abad ke 14 masehi.

Berikut 6 candi peninggalan Kerajaan Majapahit dirangkum dari berbagai sumber:

1. Candi Penataran

Candi Penataran merupakan candi terluas di Jawa Timur yang berdiri di tanah seluas 12.496 m2. Lokasi Candi Penataran ada di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Candi Penataran sendiri berdiri pada abad ke-12. Berdasarkan kitab Negarakertagama, Raja Hayam Wurung sering berkunjung ke Candi Penataran untuk berdoa kepada Hyang Acalapati.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Candi Jabung

Candi Jabung menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung. Candi yang berlokasi di Dusun Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo hanya terbuat dari bata merah yang diukur. Meski hanya terbuat dari bata merah, candi yang berdiri pada 1354 M mampu bertahan hingga ratusan tahun.

3. Candi Tikus

Berdasarkan kitab Kertanegara, Candi Tikus adalah tempat pemandian raja-raja terdahulu. Candi Tikus sudah ada pada dari abad ke-13 M sampai abad ke-14.

4. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang berbentuk seperti gapura yang berfungsi sebagai pintu masuk. Lokasinya berada di Dukuh Wringin Lawang, Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Diperkirakan, Candi Lawang sudah ada sejak abad ke 14.

5. Candi Brahu

Candi peninggalan Kerajaan Majapahit selanjutnya adalah Candi Brahu. Candi yang berdiri pada abad ke 15 M ini memiliki tinggi 20 meter. Berdasarkan sejarah, pembangunan Candi Brahu bertujuan sebagai tempat pembakaran jasad raja-raja Brawijaya.

6. Candi Bajang Ratu

Sama seperti Candi Wringin Lawang, Candi Bajang Ratu berbentuk seperti gapura sebagai pintu belakang kerajaan. Candi yang berlokasi di Kecamatan Trowulan, Mojokerto berdiri pada abad ke-14 masehi.

Candi Bajang Ratu berasal dari bahasa jawa yang berarti “raja kecil”. Diberi nama demikian karena candi ini dibangun ketika Raja Jayanegara diangkat menjadi raja saat usianya masih muda.

Demikian 6 candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Semoga dapat menambah informasi dan wawasan keilmuan. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini