Share

Ridwan Kamil Minta Polisi Tindak Warga yang Copoti Logo Gereja di Tenda Gempa Cianjur

Fatmawati, Okezone · Minggu 27 November 2022 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 337 2715727 ridwan-kamil-minta-polisi-tindak-warga-yang-copoti-logo-gereja-di-tenda-gempa-cianjur-EYwjyimdnc.jpg Tangkapan layar media sosial

CIANJUR - Sebuah video viral di media sosial, menampillan seorang warga yang sedang mencopot logo bertuliskan gereja reformed di sebuah tenda bantuan korban gempa Cianjur.

(Baca juga: Ridwan Kamil Murka, Pencabutan Label Gereja di Tenda Bantuan Gempa Cianjur Nodai Misi Kemanusiaan)

Momen tersebut kemudian diunggah kembali oleh akun Instagram pribadi Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil  @ridwankamil. Dirinya menyesali perbuatan tersebut, dan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan kembali hal serupa.

"Sangat disesalkan dan tidak boleh terulang lagi, Pencabutan label identitas pemberi bantuan tenda oleh oknum warga setempat di tenda pengungsian di Cianjur,” ujarnya dikutip, Minggu (27/11/2022).

Dikatakannya, rencana ini datang tidak pilih-pilih dan pastinya mendampaki semua orang, semua pihak dan semua golongan di Cianjur tercinta ini.

”Yang membantu bencana pun datang tidak pilih-pilih, datang dari semua pihak, dari semua golongan, kelompok, apapun keyakinan atau agamanya,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Berdirinya bendera, spanduk, baliho, stiker dari para pemberi bantuan adalah hal yang wajar, karena mungkin itu bagian dari pelaporan pertanggungjawaban kepada para donatur yang menitipkan bantuan kepada mereka.

“Karenanya Sila ke-2 Pancasila, Kemanusiaan Yang adil dan Beradab harus dijunjung dengan baik dan dipraktekkan dengan bijak. Bantuan kemanusiaan tidak boleh ternodai sedikitpun oleh unsur kebencian golongan,” ujarnya.

Dia juga sudah meminta kepolisian khususnya Kapolda Jawa Barat untuk menindaklanjuti hal ini agar tidak terulang lagi di kemudian hari.

“Walaupun kita tidak bersaudara dalam keimanan, kita tetaplah bersaudara dalam kebangsaan dan kemanusiaan,” tutup Kang Emil.

Follow Berita Okezone di Google News

Diketahui tenda tersebut diberikan oleh tim aksi kemanusiaan Gereja Reformed yang diberikan kepada korban gempa Cianjur.

Postingan tersebut dibanjiri komentar netizen yang turut menyangkan kejadian tersebut dan menyetujui poin-poin yang disampaikan Gubernur Jawa Barat dalam unggahannya tersebut.

"Setujuuuuuu banget, satu umat dan satu bangsa🇮🇩🇮🇩🇮🇩 bhineka tunggal ika @ridwankamil," tulis akun @syekh_muhammad_jaber

"Setuju pak Gub.. sangat disayangkan sekali.. semoga kita bisa lebih bijak dan open minded.. hatur nuhuun pak Gub," tulis akun @hanan_attaki.

"Semoga bisa lebih rukun dalam keadaan apapun #prayforcianjur," tulis akun @mashur.angklung.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini