Share

Saat Jenderal Marinir TNI Berbagi Pengalaman Tangani Korban Kecelakaan Laut

Fahmi Firdaus , Okezone · Minggu 27 November 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 337 2715567 saat-jenderal-marinir-tni-berbagi-pengalaman-tangani-korban-kecelakaan-laut-cBv91vdhTz.jpg Foto: TNI AL

AMBON - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, memberikan materi secara langsung kepada para mahasiswa untuk praktek di lapangan dalam hal menangani korban kecelakaan laut.

(Baca juga: Serma Djoni Liem, Jago Kungfu Penyembur Jarum Berbisa yang Bikin Pasukan Elite Inggris Geleng Kepala)

Kegiatan ini bertempat di di Dermaga Beaching Markas Komando Lantamal IX Ambon yang diikuti ratusan mahasiswa dan dosen Poltekkes Kemenkes Maluku.

“Selain mengisi jam perkuliahan di Poltekkes Kemenkes Maluku, jenderal marinir TNI AL ini juga langsung memberikan mahasiswa kesempatan untuk melakukan praktek langsung di lapangan tentang bagaimana cara menangani sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di laut yang menimbulkan terjadinya korban,” tulis keterangan Dispen Lantamal IX/Ambon yang diterima redaksi, Minggu (27/11/2022).

Pada praktek dilaksanakan langsung di Kawasan Lantamal IX Ambon salah satu bentuk kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang dilakukan setiap dosen adalah melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat, merupakan bentuk implementasi yang dilakukan Tim Dosen Mata Kuliah Kesehatan Matra Laut.

Kegiatan simulasi penanganan korban tenggelam dilakukan oleh 57 Mahasiswa bersama tim dosen dan Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Ambon, dengan tujuan menyiapkan Mahasiswa lebih tanggap dalam menyiapkan diri menghadapi korban Kecelakaan Laut dan melakukan pertolongan evakuasi medis laut.

Follow Berita Okezone di Google News

Mulai dari evakuasi korban ke tandu air, membawa ke perahu karet, melakukan resusitasi pijat jantung dan selanjutnya melakukan penanganan di Hiperbarik.

Selain itu, salah satu Instruktur dan juga merangkap tugas sebagai staf personel Lantamal IX Ambon yang merupakan dosen aktif mengajar mata kuliah Kesehatan Kapten Laut (K) Agus Wijaya turut ikut berinteraksi secara langsung dengan para mahasiswa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini