Share

DPR Pastikan RKUHP Dibawa ke Paripurna Sebelum Masuk Masa Reses

Felldy Utama, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 337 2715016 dpr-pastikan-rkuhp-dibawa-ke-paripurna-sebelum-masuk-masa-reses-dHOGKgHQnO.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad memastikan rancangan kitab undang-undang hukum pidana (RKUHP) akan segera dibawa ke rapat paripurna yang digelar sebelum parlemen memasuki masa reses pada pertengahan bulan Desember 2022 mendatang.

Dasco menyampaikan bahwa surat dari Komisi III terkait hasil pengambilan keputusan tingkat I tentang RKUHP sudah diterima oleh pihak kesetjenan DPR RI. Selanjutnya, Setjen akan melanjutkan ke pimpinan DPR.

"Menurut hasil komunikasi dengan bu Ketua DPR bahwa dalam waktu dekat kita akan Rapimkan dan insyaAllah kami memasuki masa reses di masa sidang ini RUU KUHP akan disahkan di paripurna DPR," kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Kendati demikian, Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu mengaku belum mengetahui secara pasti kapan rapat paripurna akan dilaksanakan. Sebab, kata dia, kepastian itu ada pada saat rapat pimpinan DPR.

"Ya mengenai jangka waktu nanti kita akan koordinasikan. Mengingat, waktu Rapim dan Bamus itu harus di sinkronkan antara pimpinan DPR, pimpinan fraksi dan AKD," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Sembilan fraksi di Komisi III DPR menyetujui, bahwa Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dibawa ke tingkat II pada Rapat Paripurna DPR. Hal ini diputuskan dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi III DPR dengan Pemerintah, Kamis (24/11/2022).

"Kami meminta persetujuan pada anggota Komisi III dan pemerintah, apakah naskah RUU KUHP dapat dilanjutkan pada pembahasan tingkat kedua, yaitu pengambilan keputusan atas RUU tentang KUHP yang akan dijadwalkan pada rapat paripurna DPR RI terdekat. Apakah dapat disetujui?" kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir selaku pimpinan rapat menanyakan pada seluruh anggota Komisi III yang hadir, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Kemudian dijawab setuju oleh semua yang hadir, dan disambut ketukan palu sidanh tanda pengesahan. Adapun sikap-sikap fraksi di antaranya, PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, PKB, Partai Demokrat, PAN, dan PPP menyetujui RKUHP untuk dibawa ke pengambilan keputusan tingkat II di Rapat Paripurna DPR. Hanya Fraksi PKS yang menyetujui dengan catatan.

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini