Share

Pesan Prabowo Subianto ke Para pemuda: Cari Pemimpin yang Berani, Cerdas, Visi Tangguh

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 337 2714795 pesan-prabowo-subianto-ke-para-pemuda-cari-pemimpin-yang-berani-cerdas-visi-tangguh-f61kaslURK.JPG

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyarankan kepada anak muda agar dapat mencari pemimpin yang memiliki karakter berani, cerdas, dan mempunyai visi yang tangguh.

Hal itu diungkapkan Prabowo saat memaparkan materi bertajuk "Leadership in a Polarized World" dalam acara IDEA Fest 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2022).

"Jadi carilah pemimpin yang berani, yang cerdas, yang visinya tangguh. Ini secara alamiah. Kalau bodoh, mana bisa cari solusi," kata Prabowo.

Dalam paparannya, Prabowo mengatakan, pemimpin harus memiliki sifat yang dapat memberi arah. Ia pun msmberi contoh sosok pemimpin di era manusia purba.

Saat era primitif, kata Prabowo, manusia hidup berkelompok. Dalam kelompok itu, sosok pemimpin yang dibutuhkan yakni dapat mencari arah untuk mencari malan.

"Karena dulu waktu masih hunter-gether, kita cari makan dengan berburu dengan makan buah atau tanaman. Jadi pemimpin adalah yang bisa memberi arah. oh dia bisa baca dimana ada mangsa, dia biasanya fisiknya kuat, berani karena bisa hadapi binatang buas, dia menjadi pemimpin," terang Prabowo.

Tak hanya di era primitif, sosok pemimpin yang memiliki naluri itu dinilai Prabowo juga terjadi pada era revolusi pertanian dan revolusi industri.

"Kemudian terjadi revolusi pertanian, siapa yang bisa mencari benih-benih bagus, siapa yang bisa amankan sumber air, dia menjadi pemimpin. Kemudian terjadi revolusi industri, industri teknologi, digital," ucap Prabowo.

"Jadi saudara-saudara, pemimpin akhirnya adalah, manusia dalam sebuah kelompok yang bisa memberi arah untuk survival. Nanti pemimpin di antara kalian adalah siapa yang bisa memberi arah, yang bisa meyakinkan mendapat makan, air minum, tempat berlindung, dan memberi rasa aman dari ancaman manusia dan binatang buas," tandasnya.

(kha)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini