Share

Tokoh-Tokoh Legenda Kopassus, dari Penggagas Hingga Mantan Perwira Belanda

Alifia Gita Riani, Litbang Okezone · Jum'at 25 November 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 337 2714304 tokoh-tokoh-legenda-kopassus-dari-penggagas-hingga-mantan-perwira-belanda-cnmgaILXjT.jpeg Idjon Djanbi. (Foto: ist.)

JAKARTA - Tak diragukan lagi, unit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat merupakan pasukan khusus yang disegani, dengan kemampuan di berbagai medan pertempuran, dari darat, laut, dan udara. Sepanjang sejarahnya, telah banyak prajurit Kopassus yang melegenda dan aksinya banyak diceritakan kembali hingga saat ini. 

Salah satu dari legenda itu adalah Slamet Riyadi, tokoh yang menginisiasi terbentuknya pasukan Kopassus. Saat mengikuti penumpasan pemberontakan RMS (Republik Maluku Selatan) di Maluku, pada Juli 1950, Slamet Riyadi mempelopori terbentuknya sebuah satuan pemukul yang dapat bergerak cepat. Gagasan ini menjadi awal mula terbentuknya Kopassus.

Meski Slamet Riyadi gugur dalam operasi pemberantasan RMS, gagasannya dilanjutkan oleh rekannya Letkol AE Kawilarang. Pada April 1952 AE Kawilarang membentuk Kesatuan Komando Teritorium III yang kemudian berubah-ubah nama hingga pada akhirnya menjadi Kopassus.

Dalam sejarah Kopassus, Idjon Djanbi merupakan salah satu tokoh yang melegenda dan berpengaruh. Meski dirinya adalah orang Belanda dan pernah menjadi perwira instruktur Pasukan Khusus Belanda. Pria bernama asli Rokus Bernadus Visser kemudian membuktikan keberpihakannya kepada Indonesia dengan keluar dari militer Belanda dan kemudian bersedia membantu pelatihan satuan yang dibentuk oleh AE Kawilarang. 

Mochammad Idjon Djanbi lantas didapuk sebagai komandan pertama Kesatuan Komando Teritorium III. Namun, pada 1956, Idjon Djanbi memutuskan untuk mundur dari TNI.

Baca Berita Selengkapnya: 3 Tokoh Kopassus yang Melegenda, Danjen Pertama Rela Keluar dari Militer Belanda demi Indonesia

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini