Share

Gempa Cianjur, Wapres: Rumah Rusak Kecil Diberi Rp25 Juta yang Berat Rp50 Juta

Binti Mufarida, MNC Portal · Kamis 24 November 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 337 2714022 gempa-cianjur-wapres-rumah-rusak-kecil-diberi-rp25-juta-yang-berat-rp50-juta-LMogDaPmtt.jpg Wapres Maruf Amin (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memastikan rumah-rumah masyarakat yang rusak terdampak gempa Cianjur dipastikan akan dibangun kembali.

Sementara diketahui, hingga saat ini tercatat 271 orang meninggal dunia akibat gempa yang berkekuatan M5,6.

“Saya minta memang rumah yang rusak kecil (ringan) itu kan sudah ada keputusan oleh Presiden itu diberi Rp25 juta yang rusaknya berat itu Rp50 juta,” ungkap Wapres usai melakukan kunjungan kerja di Garut, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Sementara itu, Wapres mengatakan bagi rumah-rumah warga yang tidak bisa dibangun lagi di tempat yang sama maka akan direlokasi ke tempat-tempat yang aman dari bencana gempabumi. “Kemungkinan tidak mungkin bisa dibangun lagi karena situasinya yang membahayakan mungkin akan direlokasi,” katanya.

Terkait puluhan pesantren yang rusak akibat gempabumi ini, Wapres memerintahkan kepada Kementerian Agama untuk mengambil langkah dan menginventarisasi.

“Itu masih diinvestarisasi termasuk pesantren-pesantren ini juga bagian daripada yang diinventarisasi, saya sudah meminta kepada Kementerian Agama suruh mengambil langkah untuk mengatasi itu dan memberikan batuan dan Satgas juga,” ungkap Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menyerukan agar masyarakat khususnya umat Islam melakukan salat gaib untuk korban bencana gempabumi Cianjur.

“Pada seluruh masyarakat, Saya minta untuk di masjid-masjid terutama di pesantren-pesantren, masjid-masjid untuk melakukan salat gaib ya terhadap mereka yang sudah yang meninggal dan mudah-mudahan mereka yang sudah meninggal itu dalam keadaan syahid, amin, Insya Allah dan dilakukan salat gaib di masjid di mana-mana, itu seruannya,” ajaknya.

(aky)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini