Share

Prabowo Ingin Perbanyak Kerja Sama Industri Pertahanan dengan Korsel

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 November 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 337 2713931 prabowo-ingin-perbanyak-kerja-sama-industri-pertahanan-dengan-korsel-lpxwDF2CCq.jpg Prabowo Subianto/ tim media prabowo

KAMBOJA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto bertemu Menteri Pertahanan Republik Korea Selatan (Korsel) HE. Mr. Lee, Jong-Sup, di sela-sela pelaksanaan ADMM plus 2022, di Siem Reap, Kamboja.

(Baca juga: Bertemu Menhan Australia, Prabowo Ingin Lebih Banyak Taruna TNI Belajar di ADFA dan Duntroon)

Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan, Indonesia akan selalu mendukung Korsel untuk dapat bekerja sama dengan seluruh negara ASEAN, dan berharap hubungan kerja sama maupun persahabatan antara Indonesia dengan Korsel dapat terus terjaga dalam semangat persaudaraan serta prinsip saling menghargai.

โ€œKerja sama yang komprehensif dengan negara-negara ASEAN akan memberikan banyak keuntungan secara regional, dan dapat mengembangkan ASEAN ke posisi yang lebih baik, yang ke depannya akan memberikan kontribusi positif bagi Korea maupun ASEAN,โ€ kata Prabowo dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).

Ketua Umum Partai Gerindra ini menekankan, Indonesia ingin terus melakukan kerja sama industri pertahanan dengan prinsip memberikan manfaat dan kontribusi bagi kedua belah pihak, baik pengembangan kapal selam maupun pesawat tempur yang diharapkan menjadi langkah besar dalam pengembangan industri pertahanan di Indonesia.

โ€œKe depannya, Indonesia dan Korsel diharapkan dapat lebih banyak menjalin kerja sama di bidang industri pertahanan dan dalam lingkup yang lebih luas,โ€ tutup Prabowo.

Dalam hal kerja sama pertahanan antara RI dan Korsel di bidang industri pertahanan, Indonesia telah menggunakan beberapa produk industri pertahanan Korea Selatan.

Seperti Tarantula Panser, artileri derek 105 mm dan 155 mm yang memperkuat TNI Angkatan Darat, Kapal selam Tipe U209 buatan kerja sama dengan DSME yang memperkuat TNI AL, serta pesawat KT-1B dan T-50 yang memperkuat TNI AU. Korea Selatan pun telah membeli 8 pesawat CN-235 versi militer dari Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini