Share

Hoaks Gempa Berseliweran, BMKG: Info yang Dramatis dan Heboh Tak Usah Dipercaya

Muhammad Farhan, MNC Portal · Kamis 24 November 2022 05:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 337 2713675 hoaks-gempa-berseliweran-bmkg-info-yang-dramatis-dan-heboh-tak-usah-dipercaya-IMGZkqhQeK.jpeg Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto: Setkab)

JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati meminta masyarakat tidak mempercayai informasi hoaks terkait adanya gempa susulan. Informasi hoaks, menurutnya, rutin bermunculan saat waktu menjelang malam.

Dwikorita menyoroti informasi hoaks terkait BMKG memperingatkan adanya patahan di waduk Cirata yang akan bergeser, kemudian dikatakan BMKG tidak bisa memprediksi hal tersebut.

"Sekadar mengingatkan, hoaks itu menjelang malam suka berseliweran. Intinya pokoknya kalau ada info yang dramatis dan heboh-heboh gitu, sudah lah tidak usah dipercaya," ujar Dwikorita saat jumpa pers yang ditayangkan oleh akun Youtube BNPB, Kamis (24/11/2022).

 BACA JUGA:Mobil Logistik Gempa Cianjur Dicegat Warga, Ini Kata Kepala BNPB

Dwikorita meminta masyarakat untuk tetap mengambil informasi hanya dari lembaganya guna mencegah hoaks terus bermunculan. Tak lupa, ia meminta untuk tetap berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

"Pokoknya percaya pada informasi dari BMKG saja, sembari tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Insya Allah, semuanya memohon perlindungan kepada Allah. Jadi jangan percaya kepada hoaks, karena akan terus bermunculan seperti itu," tegas Dwikorita.

BACA JUGA:BMKG: Informasi Gunung Gede Meletus dan Gempa Besar Waduk Carita, Hoax! 

Sebelumnya juga diberitakan, informasi yang beredar mengenai bakal terjadi gempa di sesar Cimandiri dan meletusnya Gunung Gede adalah hoax. BMKG meminta masyarakat tidak percaya terhadap berbagai informasi yang beredar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Berita-berita tersebut tidak benar dan kami BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut. Berita itu hanya hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas," ujar Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu, Selasa 22 November 2022.

Berdasarkan penelurusan yang dilakukan, terdapat dua berita hoax. Pertama informasi hoax berbunyi, "Ijin melaporkan komandan situasi Terkait tingkat kewaspadaan info BMKG dan BNPB Tingkat waspada Tinggi Wilayah Sukabumi aktivitas yang di lewati Garis Pergerakan Sesar Cimandiri 1 Minggu Kedepan".

"Himbauan bagi warga tetap waspada dan tidak panik serta tak berpergian dari rumah masing-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing" Atas nama Muspika & Muspida Kota Sukabumi”.

Sementara berita hoax kedua, yaitu voice Note mengenai adanya cahaya seperti api menyala di Gunung Gede, yang menyebabkan terjadinya erupsi Gunung Gede sehingga mengakibatkan gempa bumi di wilayah Kampung Singa Barong dan Kampung Sarongge, Kabupaten Cianjur.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini