Share

30 Pesantren Rusak Akibat Gempa Cianjur, Wapres: Saya Minta Diinventarisasi

Binti Mufarida, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2713507 30-pesantren-rusak-akibat-gempa-cianjur-wapres-saya-minta-diinventarisasi-t52UbLRhEi.png Wapres Maruf Amin minta pesantren terdampak gempa Cianjur diinventarisasi/Foto: binti Mufarida

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menginstruksikan agar segera menginventarisasi kerusakan-kerusakan salah satunya pesantren yang terdampak gempa magnitudo (M)5,6 di Cianjur, Jawa Barat.

Sebelumnya, dari informasi yang beredar hingga saat ini sebanyak 30 pesantren yang mengalami kerusakan akibat gempa di Cianjur.

 BACA JUGA:Sukses Jalin Perjanjian Ekstradisi, Singapura Berkomitmen Tingkatkan Kerja Sama dengan Indonesia

“Pesantren pun tentu akan juga mendapat perhatian dari pemerintah, karena itu saya minta nanti diinventarisasi berapa pesantren dan kerusakannya seberapa beratnya,” ungkap Wapres usai menghadiri Muktamar Nasional Al Irsyad Al Islamiyyah, di Purwokerto, Jateng, Rabu (23/11/2022).

Sementara itu, Wapres pun menegaskan negara hadir ketika terjadi bencana seperti gempa di Cianjur yang menyebabkan 271 orang meninggal dunia dan 40 orang masih dinyatakan hilang.

 BACA JUGA:Drag Race Porprov Diwarnai Insiden, Kapolrestro Tangerang Instruksikan Tim Medis Tangani Korban

“Ya kita negara, saya kira Presiden kemarin sudah hadir dan saya pagi juga kemarin sudah berkomunikasi dengan Gubernur Jabar dan Bupati Cianjur,” tegas Wapres.

Wapres mengatakan bahwa saat ini semua kebutuhan untuk pengungsian, konsumsi, kebutuhan air hingga listrik juga telah disiapkan dengan baik. “Semua masalah yang dihadapi masyarakat, penampungan, kemudian juga konsumsi kemudian juga kebutuhan untuk air listrik supaya disiapkan dengan baik.”

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain itu, Wapres meminta kepada Baznas juga lembaga filantropi atau sosial lainnya untuk berkontribusi memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

“Kepada Baznas atau juga lembaga sosial yang lain supaya mengambil bagian dan Baznas memang itu selain memberikan santunan kepada masyarakat dan juga bencana itu bagian dari program Baznas, yang selama ini dilakukan dimana-mana juga stunting dan kemiskinan.”

Wapres juga mengungkapkan bahwa untuk masyarakat yang rumahnya rusak terdampak gempa akan diberikan bantuan. “Untuk masyarakat sendiri dan pemerintah sudah mengambil kebijakan kalau rumahnya rusak berat itu diberi 50 juta, kalau rusak ringan itu diberi 25 juta,” ungkapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini