Share

Sambangi Lokasi Gempa Cianjur, Jenderal Andika Kerahkan 2.300 Prajurit dari 3 Matra

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2713427 sambangi-lokasi-gempa-cianjur-jenderal-andika-kerahkan-2-300-prajurit-dari-3-matra-mh9tFyzdB7.jpg Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa/Puspen TNI

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyambagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. RSUD ini menjadi salah satu rumah sakit yang menampung korban-korban gempa berkekuatan magnitude 5,6.

Andika Perkasa didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto. Mereka terlihat mengunjungi tenda-tenda yang dibangun di sekitar RSUD Sayang dan memberikan bantuan berupa sembako.

(Baca juga: Viral! Masjid di Cianjur Tetap Kokoh Meski Diguncang Gempa Dahsyat M5,6)

Dikatakan Andika, fokus utamanya dalam kunjungan ini untuk memastikan kekuatan rumah sakit. Apabila rumah sakit dirasa kewalahan, Andika pun memastikan akan menyediakan rumah sakit darurat.

"Makanya kami, saya datang ini juga yang saya tanya pertama itu rumah sakit dulu, ini kurang atau kewalahan apa tidak, sebab kami siap menyiapkan rumah sakit," kata Jenderal TNI Andika Perkasa kepada wartawan di Cianjur, Rabu (23/11/2022).

Menurut Andika, rumah sakit darurat yang akan dipersiapkan bukan hanya sekadar menyiapkan tempat tidur. Rumah sakit itu juga akan difasilitasi fasilitas kesehatan yang memadai.

"Jadi bukan hanya bed, tapi rumah sakit yang bisa mandiri, karena ada ICUnya, ada ruang IGD, ada ruang operasi, radiologi, x-ray dan macam-macam," ungkapnya.

Dia juga memastikan personel TNI sudah dikerahkan di sebanyak 19 posko kesehatan yang tersebar di Kabupaten Cianjur. Andika memastikan siap mengerahkan pasukannya lagi apabila BNPB membutuhkan bantuan.

"Jadi kepala BNPB adalah lead sector kami hanya membantu jadi selama kepala BNPB membutuhkan kami terus siap, sekarang ini ada 2.300 baik dari AD,AL maupun AU," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini