Share

Indonesia Rawan Gempa, Wapres Minta Pemda Harus Siap dan Edukasi Masyarakat

Binti Mufarida, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2713147 indonesia-rawan-gempa-wapres-minta-pemda-harus-siap-dan-edukasi-masyarakat-aUsthuYxTk.jpg Wapres Ma'ruf Amin (foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan harus ada kesiapan dari pemerintah daerah (Pemda), juga edukasi bagi masyarakat menghadapi potensi gempa di Indonesia. Seperti kejadian gempa dengan magnitudo (M)5,6 di Cianjur yang menyebabkan 268 orang meninggal dunia.

Mengingat, Indonesia dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik yang terus bergerak. Sehingga, hampir seluruh wilayah Indonesia dari mulai Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua itu berpotensi diguncang gempa kuat kecuali Pulau Kalimantan.

“Kita lebih pada kesiapan pemerintah daerah untuk menghadapi setiap kemungkinan dan masyarakat supaya diedukasi untuk untuk daerah (rawan) gempa,” ungkap Wapres saat memberikan keterangan di sela kunjungan kerja di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (23/11/2022).

 BACA JUGA: Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Kali Ini Berkekuatan M2,8

“Kemudian diberikan semacam early warning ya, apa namanya itu aba-aba yang apabila akan terjadi gempa itu ada-ada, ini yang seperti tsunami sudah mulai ada ya, kita minta itu ada tanda-tanda semacam peringatan, tanda peringatan,” tambahnya.

Wapres mengatakan, bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memetakan perulangan periode gempa-gempa di Indonesia. Sehingga, diharapkan kesiapsiagaan pemerintah daerah juga masyarakat penting untuk ditingkatkan. Apalagi, tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan gempa akan terjadi.

 BACA JUGA:Hari Kedua Penanganan Gempa Cianjur, BNPB Terjunkan 90 Personel Fokus Pencarian Korban

“Kita mengharapkan dari BMKG itu supaya lebih, memang soal gempa itu kan diperkirakan akan terjadi yang belum sampai sekarang itu kapan nya itu kan, untuk kapannya itu belum bisa bahwa di sini akan terjadi gempa di sini, itu akan itu sudah-sudah ada, bahkan ada yang 20 tahun, ada yang tetapi masih belum ilmu pengetahuan masih belum dapat mengatakan kepastian hari ini, jam sekian,” tegas Wapres.

Untuk diketahui, sumber gempa bumi di Indonesia berasal dari zona subduksi dan sesar aktif di darat. Zona subduksi membentang di sebelah barat Pulau Sumatera, selatan Pulau Jawa, selatan Bali dan Nusa Tenggara, dan membelok di Kepulauan Maluku yang membentuk palung laut. Zona subduksi juga sebagai sumber pembangkit tsunami.

Kemudian, sesar aktif di darat diantaranya Sesar Besar Sumatera yang memanjang dari utara sampai selatan di Pulau Sumatera. Sementara di Pulau Jawa terdapat Sesar Cimandiri, Sesar Lembang, Sesar Baribis dan Sesar Opak. Dan gempa Cianjur yang baru-baru ini terjadi berada di sesar aktif di darat yakni Sesar Cimandiri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini