Share

3 Tokoh Kemerdekaan yang Gemar Bermain Sepak Bola, Ada Bung Besar!

Alifia Gita Riani, Litbang Okezone · Kamis 24 November 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2713121 3-tokoh-kemerdekaan-yang-gemar-bermain-sepak-bola-ada-bung-besar-8dTKbDSXDH.jpeg Bung Hatta. (Foto: Gahetna.nl)

OLAHRAGA sepak bola memang sangat digandrungi oleh banyak pria. Bahkan, tokoh kemerdekaan Indonesia juga ada yang menyukai olahraga sepak bola, hingga turut aktif dalam kegiatan olahraga tersebut.

Berikut beberapa tokoh kemerdekaan yang aktif di sepak bola.

1. Muhammad Hatta

Tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, Muhammad Hatta, sangat menyukai olahraga sepak bola. Bung Hatta, demikian sapaan karibnya, selalu menjadikan sepak bola sebagai olahraga favoritnya.

Ia dikenal sebagai seorang ujung tombak yang jago. Keahliannya dalam membobol gawang lawan tak kalah jago dengan keahliannya dalam memperjuangkan nasib Indonesia supaya bebas dari penjajahan.

Saat sedang menempuh pendidikan, Bung Hatta tidak meninggalkan sepak bola, tetapi justru memiliki keinginan untuk serius bermain sepak bola yang semakin tinggi.

Baca juga:  3 Tokoh Keturunan Arab Ini Berjasa Dalam Kemerdekaan RI, Nomor 1 Kakek Gubernur DKI

Kemudian Bung Hatta bergabung dengan perkumpulan sepak bola. Aktivitas Hatta dalam bermain sepak bola masih terus berlanjut bahkan ketika dirinya tengah aktif dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan. Hatta juga turut sempat mendirikan perkumpulan sepak bola yang diberi nama Suci Hati (SH).

2. Sutan Sjahrir

Sutan Sjahrir diketahui memiliki kecintaan terhadap sepak bola sejak masa mudanya di kota Bandung, setelah pindah dari Sumatera Barat pada tahun 1926.

Bung Kecil, demikian sapaan akrab Sjahrir, mengatakan bahwa saat sedang bersekolah dirinya tak bisa menghentikan kecintaannya terhadap sepak bola.

Memiliki postur tubuh yang kecil membuat Sjahrir dikenal sebagai penyerang tengah yang tangkas dan pandai sehingga ia mampu menyerang lawannya dengan gesit. Ia bahkan pernah tampil level ‘tarkam’ bersama klub Voetbalvereeniging Poengkoer dan LUNO (Laat U Niet Overwinnen).

Kemampuannya yang apik dalam sepak bola membuat tim yang diisi oleh Sjahrir selalu menang dalam pertandingan. Sikap tidak arogan dan sportivitasnya membuat Sjahrir semakin akrab dengan para anggota tim lawannya. Bahkan Sjahrir juga bermain sepak bola bersama Bung Hatta.

3. Ir Soekarno

Bapak proklamator Indonesia, Ir Soekarno, ternyata memiliki kisah tersendiri dalam sepak bola Indonesia. Soekarno tertarik dengan sepak bola sebagai sebuah alat perjuangan pada tahun 1930, saat dirinya baru saja keluar dari Lapas Sukamiskin di Bandung.

Kala itu Bung Besar didaulat untuk melakukan sepak bola saat mulainya pertandingan final kompetisi PSSI. Sejak saat itu, Soekarno semakin yakin bahwa sepak bola bisa digunakan dalam perjuangan mempersatukan bangsa Indonesia.

Peran Soekarno pada masa itu adalah ia berhasil memasukkan nama Antun ‘Tony’ Pogacnik sebagai pelatih timnas Indonesia.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini