Share

Wapres: Orang Arab Bilang Indonesia Seperti Potongan Surga yang Dipindah ke Bumi

Binti Mufarida, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2713104 wapres-orang-arab-bilang-indonesia-seperti-potongan-surga-yang-dipindah-ke-bumi-VkQqUXNlCW.jpg Wakil Presiden Maruf Amin (Foto: Satwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan kekaguman negara lain kepada keindahan alam Indonesia. Bahkan, orang-orang Arab mengatakan jika keindahan alam Indonesia bagaikan sepotong kue yang dipindahkan ke bumi.

“Saya bilang Indonesia semuanya, Indonesia semuanya destinasi wisata Indonesia. Bahkan kalau orang arab itu (ayat) seperti sepotong surga yang dipindahkan ke bumi. Jadi semuanya destinasi yang bisa kita olah,” ungkap Wapres saat menghadiri Silahturahim Bisnis ke-14 Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia, di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (23/11/2022).

Oleh karena itu, Wapres mendorong agar sumber daya alam yang dimiliki Indonesia termasuk pariwisata ataupun yang lainnya bisa diolah dan dihilirisasi sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya sangat bangga ada langkah-langkah dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk menghilirisasi produk-produk di daerah, tadi ada buah-buahan, dan kita memang Indonesia itu di Kurnia Allah banyak sekali sumber daya alam. Kalau dalam Alquran itu dikatakan (bahwa) Allah menjadikan diatas bumi ini gunung-gunung, bukit-bukit di atasnya, Allah memberkati bumi ini dan menentukan makanannya di masing-masing daerah,” katanya.

Bahkan, kata Wapres, Imam Ath-Thabari mengatakan Allah menjadikan dalam satu negara itu hal-hal atau produk-produk yang tidak diberikan kepada negara lain. “Jadi spesifikasi negara-negara itu untuk menjadi penghidupan dari pada masing-masing negara dengan perdagangan dari satu negara ke negara yang lain.”

“Artinya, Allah memberikan kepada negara itu penghasilan-penghasilan yang bisa kemudian diolah, diekspor. Nah, Indonesia ini punya produk-produk pertanian, punya produk-produk perkebunan, pertambangan, perikanan, bahkan juga pantainya, daerah-daerah wisatanya,” paparnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Hanya memang, kata Wapres, saat ini memang belum mengolah produk-produk hasil sumber daya alam itu dengan optimal dan bisa dihilirisasi. “Karena itu saya berharap ISMI ini menjadi Hamzah Washal, bahasa saya Hamzah washal, hamzah washal itu apa? Huruf Hamzah yang menjadi penyambung kata sehingga menjadi untaian kata yang indah.”

“Jadi nanti Hamzah washal itu menjadi penyambung produk-produk masyarakat itu, dari perkebunan pertanian itu kemudian bisa diolah menjadi produk jadi dan bisa dijual baik dalam negeri maupun luar negeri,” paparnya.

“Karena itu dengan demikian Saya berharap ISMI akan menjadi Hamzah washal daripada produk-produk rakyat. Jangan dibiarkan, kalau tidak ada Hamzah washal tidak produktif lagi. Seperti (produk) harganya murah tapi kalau diolah oleh hamzah washal dia kemudian menjadi harganya menjadi bernilai,” tandas Wapres.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini