Share

Siapa Wanita yang Pernah Menolak Soekarno? Ini Dia Orangnya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2713042 siapa-wanita-yang-pernah-menolak-soekarno-ini-dia-orangnya-iw0ebsRZZC.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Siapa wanita yang pernah menolah Soekarno? ini dia orangnya. Presiden pertama Indonesia memiliki karisma yang sangat menawan.

Namun, tidak semua wanita yang Soekarno cintai berhasil ia dapatkan. Setidaknya ada dua wanita berani menolak cinta sang proklamator.

Lantas, siapa wanita yang pernah menolak Soekarno? Ini dia orangnya. Kedua wanita yang pernah menolak cinta Soekarno adalah Gusti Nurul dan Irma Ottenhoff Mahamit.

1. Gusti Nurul

Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau yang lebih dikenal Gusti Nurul adalah seorang wanita berdarah biru. Ia merupakan putri Solo yang lahir pada 1921.

Gusti Nurul lahir dari pasangan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII dan Gusti Kanjeng Ratu Timoer. Wajahnya yang ayu khas wanita Jawa menjadikannya dijuluki sebagai “Bidadari Solo”.

Tak hanya cantik, Gusti Nurul memiliki pemikiran yang modern di masanya dan mahir menari, menunggang kuda, berenang, hingga bermain tenis.

Gadis berparas ayu ini tak hanya menolak lamaran Soekarno, namun juga beberapa pejabat negara lainnya, seperti Sutan Sjahrir dan Sultan Hamengkubuwono IX. Penolakan demi penolakan yang dilakukan oleh Gusti Nurul memiliki alasan yang sama, yakni ia tak ingin dimadu.

Pada akhirnya, cintanya hanya ia berikan kepada seorang perwira berpangkat Letnan Kolonel bernama Soerjo Soejarso. Keduanya menikah pada 1951. Gusti Nurul tak segan meninggalkan predikat putri keraton demi mendampingi sang suami.

Setelah Gusti Nurul menikah, Soekarno berkata padanya, “Aku kalah cepat dengan suamimu.”

 2. Irma Ottenhoff Mahamit

Sama halnya dengan Gusti Nurul, seorang wanita cantik yang bertugas sebagai seorang pramugari di pesawat kepresidenan pada 1960an pernah menolak cinta Soekarno.

Pramugari cantik ini adalah Irma Ottenhoff Mahamit. Setelah melakukan banyak tes seleksi untuk menjadi pramugari pesawat kepresidenan, Irma bertemu dengan Soekarno.

Sang proklamator pun memujinya dengan mengatakan bahwa Irma terlihat cantik saat mengenakan kebaya. Keduanya pun sering bertemu di dalam pesawat. Karena inilah Soekarno jatuh cinta pada Irma.

Sayangnya, Irma justru menolak cinta Soekarno. Berbagai sumber menyebut jika Irma tak tertarik dengan Soekarno karena telah memiliki banyak istri. Meski demikian, Soekarno tak lantas memaksa dan merelakan Irma.

Nah, itulah jawaban dari Siapa wanita yang pernah menolak Soekarno? ini dia orangnya.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini