Share

Guntur Hamzah Resmi Dilantik Jadi Hakim Konstitusi

Raka Dwi Novianto, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2713014 guntur-hamzah-resmi-dilantik-jadi-hakim-konstitusi-6BHmkqG35G.jpg Guntur Hamzah dilantik sebagai Hakim MK. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Guntur Hamzah sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) atau Hakim Konstitusi pada hari ini Rabu 23 November 2022 di Istana Negara.

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 114 B tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Selanjutnya, Guntur Hamzah membacakan janji sebagai Hakim Konstitusi dihadapan Presiden Jokowi.

"Demi Allah Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

Memegang teguh undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada Nusa dan bangsa," bunyi sumpah janji yang dibacakan Guntur.

 Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Guntur Hamzah Jadi Hakim MK Hari Ini

Usai pengucapan janji dilakukan penandatanganan berita acara oleh Guntur Hamzah beserta Presiden Jokowi. 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Diberitakan sebelumnya, DPR RI secara mendadak mengganti Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) atau Hakim Konstitusi Aswanto dengan Guntur Hamzah, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) MK pada Rapat Paripurna DPR Senin (29/9/2022) siang.

Hal ini diputuskan berdasarkan hasil rapat Komisi III DPR yang dilakukan pada Senin (29/9) itu bersepakat tidak memperpanjang masa jabatan Aswanto sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi yang berasal dari usulan DPR.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini