Share

Airlangga Ungkap Benang Merah Sukses KTT G20 dan Pemilu 2024: Kebersamaan!

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 November 2022 07:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2712951 airlangga-ungkap-benang-merah-sukses-ktt-g20-dan-pemilu-2024-kebersamaan-oBjYbm7WTl.jpeg Airlangga Hartarto. (Foto: Dok Ist)

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan ada benang merah antara pertemuan internasional yang diikuti oleh Indonesia dan Pemilu 2024 yang akan dihadapi Partai Golkar.

Menurut Airlangga, kesuksesan Indonesia di beberapa pertemuan penting internasional adalah kebersamaan. Selain sukses besar dan mendapatkan apresiasi di KTT G20, Indonesia juga banyak dipuji karena berhasil menyatukan semua pihak dalam sebuah kebersamaan.

“Indonesia banyak menentukan dalam perubahan dunia ke depan, karena KTT G20 lalu berhasil mengeluarkan deklarasi bersama yang diterima oleh semua pihak,” kata Airlangga, dalam arahannya di penutupan Rakornas MPO DPP Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Airlangga juga menggambarkan di KTT APEC, semua negara juga menengok ke Indonesia untuk pembentukan deklarasi. Indonesia pun menawarkan referensi hasil deklarasi G20.

“Akhirnya di menit terakhir semua anggota APEC, lewat kebersamaan, bisa menerima deklarasi dan pasal-pasal di G20,” kata Menko Perekonomian RI tersebut.

“Indonesia set the tone, Indonesia menentukan dalam perubahan politik global ke depan. Dan ini mendapat apresiasi dari berbagai negara. Ini luar biasa,” kata Airlangga.

Baca juga: Luncurkan MPO Go, Airlangga Ingin Golkar Nomor 1 di Sosmed

Airlangga juga menyampaikan jika Pemilu 2024 ke depan penting bagi Golkar. Menurut Airlangga terdapat benang merah dan garis besar antara KTT ASEAN, G20 dan APEC dan Pemilu 2024 nanti. “Garis besarnya adalah kebersamaan atau togetherness, nah togetherness inilah yang membangun adalah kepemimpinan Indonesia,” kata Airlangga.

Airlangga pun menyatakan jika Pemilu 2024 pun sama. Pemilu, menurut Airlangga, bukan tujuan akhir, karena tujuan akhir Golkar adalah rakyat sejahtera. Ia mengingatkan bahwa tidak ada satu pun parpol di Indonesia bisa menang pemilu sendiri.

“Siapa pun yang menang, masih minoritas, karena hari ini tidak ada parpol yang bisa menang 50 persen. Oleh karena itu Golkar sejak awal membentuk koalisi dalam sebuah kebersamaan, agar bisa menang pemilu dan menang di pemerintahan,” ungkap Airlangga.

Dari pengalaman perjalanan parpol selama ini Airlangga menggambarkan ada banyak pelajaran yang bisa dipetik yakni betapa pentingnya membentuk koalisi partai politik dan kebersamaan.

Berkaca dari Pemilu di Malaysia, Airlangga menyatakan jika menang pemilu bukan berarti memenangkan pemerintahan.

Airlangga menegaskan yang paling penting adalah bagaimana parpol membentuk koalisi pemerintahan yang efektif, dan membuat program bisa berjalan efektif di masyarakat,. “Itu adalah tujuan partai Golkar,” ucap Airlangga.

Airlangga juga mengingatkan kadernya untuk bekerja sama memenangkan partai dan setiap kader untuk tidak baku tikam satu sama lain. Kebersamaan, seperti halnya di G20 kembali menjadi kunci di sini.

“Ini menjadi catatan bagi MPO di seluruh Indonesia, bahwa kita tidak boleh diadu domba, apalagi diadu internal, yang penting bagi kita adalah masyarakat berempati kepada Partai Golkar, dan dengan empati itulah kita akan memenangkan Pemilu,” tutur Airlangga.

Airlangga menegaskan jika target Partai Golkar di Pemilu mendatang adalah kemenangan minimal 20 persen atau 115 kursi.

“Namun, untuk memenangkan Pilpres kita butuh lebih dari 50 persen suara. Ini artinya kita harus berkoalisi. Kita harus menarik partai lain untuk mendukung capres Golkar sehingga kita bisa menang lebih dari 50 persen,” pungkas Airlangga.

Tak lupa Airlangga membuat pantun untuk MPO dalam penutupan Rakornas 2022.

"Ke Kulonprogo naik dokar, MPO Go menangkan Golkar. Ikan hiu dibawa ke Dempo, I Love MPO.”

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini