Share

Mendagri Minta Kepala Daerah Se-Indonesia Urunan Bantu Korban Gempa Cianjur

Ari Sandita Murti, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 337 2712924 mendagri-minta-kepala-daerah-se-indonesia-urunan-bantu-korban-gempa-cianjur-2PJtT9Dil3.jpg Mendagri Tito Karnavian (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengimbau semua kepala daerah se-Indonesia untuk memberikan bantuan dana ke korban bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Kepala daerah, kata Mendagri, bisa menghibahkan dana BTT (Belanja Tidak Terduga) sebagai bentuk solidaritas pada saudara se-Tanah Airnya yang terkena bencana alam.

"Ada dana BTT, Belanja Tidak Terduga yang bisa dimanfaatkan yang sudah sisa di akhir tahun ini. Saya mencatat dalam catatan Kemendagri, dari Rp12 triliun lebih dana BTT, 548 daerah Provinsi, Kabupaten, Kota itu baru terpakai kurang dari Rp3 triliun, artinya masih lebih Rp9,9 triliun," ujar Tito dalam konfrensinya secara daring, Selasa (22/11/2022).

BACA JUGA:Gempa Cianjur, Perindo Berikan 250 Paket Sembako dan 2 Ton Beras di Kampung Kopeng 

Menurut Mendagri, dana BTT itu sebagian digunakan untuk penanganan inflasi di daerah, tapi sebagiannya juga dicadangkan untuk bencana.

"Terutama setelah saya ke lapangan, bantuannya bukan dalam bentuk makanan, pakaian bukan, yang dibutuhkan dalam bentuk uang tunai. Nah, bisa dilakukan melalui mekanisme hibah pada pak Bupati melalui BP KAD, Badan Keuangannya, nanti akan saya sharing pada asosiasi Gubernur, Bupati, Wali Kota," tuturnya.

BACA JUGA:Tolong! Warga Cirumput Korban Gempa Cianjur Belum Tersentuh Bantuan 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sekarang saatnya untuk bergotong royong bersolidaritas membantu masyarakat terdampak bencana gempa di Cianjur. Di samping pemerintah pusat turun tangan, setiap kementerian lembaga juga bergerak membantu sehingga dia mengimbau seluruh Kepala Daerah, Gubernur, Bupati, Wali Kota memberikan bantuan hibah tersebut.

Paling tidak, kata dia, tiap daerah membantu Rp100 juta dinilai sudah sangat bermanfaat lantaran saat ada 500 daerah yang membantu, bakal ada Rp50 miliar yang terkumpul.

"Sekarang ini kondisinya, BTT Kabupaten Cianjur hanya Rp5 miliar, gak akan cukup, di Provinsi tersisa Rp20 miliar Jawa Barat juga gak akan cukup. Pemerintah pusat memang sudah turun tapi alangkah baiknya kalau seluruh daerah se-Indonesia juga membantu karena bencana seperti ini bisa terjadi di mana saja. Disaat lain terjadi, mudah-mudahan kita tak terjadi, semua gotong royong membantu," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini