Share

3 Bom Nuklir yang Punya Nama Unik, Namun Kehebatannya Tak Diragukan lagi

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Rabu 23 November 2022 05:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712847 3-bom-nuklir-yang-punya-nama-unik-namun-kehebatannya-tak-diragukan-lagi-G02aluEniU.jpg foto: dok Reuters

JAKARTA - Bom nuklir merupakan senjata terkuat dan ekstrem yang pernah digunakan Amerika Serikat dan Uni Soviet di masa lampau. Nama-nama bom nuklir tersebut juga sangat unik, namun kehebatannya sudah tidak bisa tertandingi.

Berikut 3 bom nuklir dengan nama unik di dunia yang diolah dari berbagai sumber :

1. Little Boy

 

Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bom nuklir bernama Little Boy, yang berarti anak laki-laki kecil, ke Kota Hiroshima, Jepang, pada 6 Agustus 1945 pukul 8.15 pagi. Bom ini dijatuhkan dari pesawat Boeing B-29 Superfortress Enola Gay yang dipiloti oleh Kolonel Paul W. Tibbets, Jr.

Bom ini rupanya menjadi senjata nuklir pertama yang digunakan dalam perang. Little Boy mulai dikembangkan sejak Juni 1942 yang tercipta dari hasil penembakan masa uranium demi menciptakan reaksi nuklir mandiri.

 BACA JUGA:Bertemu Xi Jinping Selama 3 jam di Bali, Biden Bahas soal Nuklir Korea Utara

Bom ini memiliki berat 9 ribu pon dengan daya ledak setara dengan 20 ribu ton TNT. Ketika digunakan untuk meluluh lantakkan Hiroshima, Little Boy dijatuhkan dari ketinggian 31 ribu kaki. Akibat ledakan itu, 140 ribu orang dinyatakan tewas.

2. Fat Man

Usai mengebom Hiroshima, tiga hari kemudian AS kembali menjatuhkan bom nuklir ke Jepang. Bom bernama Fat Man atau pria gemuk dijatuhkan di Kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945.

Melansir laman Museum Nasional Angkatan Udara AS, bom tersebut dilepaskan dari atas pesawat B-29 Bockscar dengan ketinggian 1.800 kaki. Daya ledak yang dimiliki Fat Man setara dengan 20 ribu ton TNT dan memiliki berat 10 ribu pon. Berbeda dengan Little Boy, Fat Man dibuat dari inti plutonium-239 untuk menciptakan reaksi berantai nuklir. Usai ledakan, 40 ribu warga Nagasaki dikabarkan tewas.

 BACA JUGA:AS dan Rusia Sepakat Gelar Pembicaraan Perjanjian Nuklir Pertama Kalinya Sejak Perang Ukraina


3. Tsar Bomba

 

Selanjutnya, ada Tsar Bomba yang dimiliki oleh Uni Soviet. Senjata yang juga dikenal dengan nama Big Ivan ini diledakkan dalam uji coba di atas Pulau Novaya Zemlya di Samudera Aktrik pada 30 Oktober 1961.

Saking masifnya ledakan yang dihasilkan, Tsar ditasbihkan menjadi senjata nuklir dengan ledakan paling kuat dalam sejarah manusia. Ledakan yang dihasilkan oleh Tsar Bomba setara dengan 50 hingga 58 megaton TNT. Jauh lebih kuat 3.800 kali dibandingkan Little Boy dan Fat Man. Bom dibuat oleh para fisikawan Soviet, di antaranya Andrei Sakharov, ketika Perang Dingin antara Soviet dan AS semakin tegang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini