Share

Berduka untuk Korban Gempa Cianjur, Mendagri: Pengalaman Buat Kita Kuat!

Bachtiar Rojab, MNC Media · Selasa 22 November 2022 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712784 berduka-untuk-korban-gempa-cianjur-mendagri-pengalaman-buat-kita-kuat-Z2DccsOAvU.jpg Mendagri Tito Karnavian (Foto: Puspen Dagri)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian turut menyampaikan duka cita yang mendalam bagi korban gempa di Kabupaten Cianjur. Menurut Tito, dengan banyaknya pengalaman Indonesia menangani bencana hal itu akan semakin memperkuat Indonesia.

Tito mengatakan, Indonesia tidak bisa luput dari berbagai bencana yang mengintai. Meski demikian, hal itu akan terus memperbaiki manajemen Indonesia ketika mengalami berbagai musibah.

"Kita mengalami banyak bencana, itu membuat kita makin mampun membuat manajemen penanganan bencana. Pengalaman-pengalaman itu buat kita makin kuat," ujar Tito di Pendopo Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Tito menambahkan, untuk kali ini, pemerintah perlu segera mengevakuasi korban yang masih tertimbun. Pasalnya, masih banyak korban yang tertimbun di jalan daerah maupun jalan nasional.

Baca juga: BMKG Ramal Gempa Cianjur Akan Melemah dan Berhenti 4 Hari ke Depan

"Saat ini tahap yang paling penting adalah tahap evakuasi, tadi ada 268 yang wafat, tapi ada beberapa daerah yang masih ada jalan yang tertutup, satu jalan Kabupaten, satu jalan Nasional," tuturnya.

Baca juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, Prabowo Kerahkan Seluruh Kader Gerindra

Lebih lanjut, Tito menuturkan, pentingnya pendataan di balik gempa Cianjur. Sebab, dengan adanya data tersebut, pemerintah lebih mudah memperbaiki infrastruktur yang ada.

"Kemudian pendataan ini menjadi sangat penting sambil mempercepat untuk infrastruktur jalan terutama agar dinormalisasi," pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Diketahui, Korban bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, bertambah menjadi 268 orang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan data tersebut masih akan terus diperbarui, Selasa (22/11/2022).

"Terkait dengan korban dalam bencana alam di Kabupaten Cianjur ini yang pertama korban jiwa meninggal dunia sekarang ada 268 orang. Dari 268 itu yang sudah teridentifikasi dari 268 yang sudah teridentifikasi siapa-siapa sebanyak 122 jenazah," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers.

Adapun untuk korban hilang sebanyak 151 orang. Meski demikian, hingga kini pihak BNPB beserta sejumlah elemen terkait masih melakukan pencarian.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini