Share

BMKG Minta Masyarakat Waspada Longsor saat Masuk Musim Penghujan

Martin Ronaldo, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712773 bmkg-minta-masyarakat-waspada-longsor-saat-masuk-musim-penghujan-itDY2bKevU.jpg Ilustrasi/ Foto: Antara

JAKARTA - BMKG meminta kepada masyarakat agar tetap berhati-hati akan adanya bencana longsor dampak gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Kepala BMKG Dwikorita mengatakan bahwa intensitas hujan di Jawa Barat pada bulan Desember sangatlah tinggi.

 BACA JUGA:BMKG Ramal Gempa Cianjur Akan Melemah dan Berhenti 4 Hari ke Depan

"Kita sebentar lagi masuk bulan Desember dan Jawa Barat ini relatif tidak memiliki musim kemarau, jadi hujan terus hingga perlu disiapkan, diwaspadai adanya potensi bencana ikutan seperti longsor," ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/11/2022).

Dia menjelaskan materil rontokan lereng imbas dari gempa bumi juga harus diwaspadai.

 BACA JUGA:Bantu Korban Gempa Cianjur, Prabowo Kerahkan Seluruh Kader Gerindra

"Dan yang cukup penting untuk diwaspadai adalah material rontokan lereng-lereng akibat gempa. Banyak titik longsor. Material-material tersebut dapat membendung lembah sungai di lereng atas, dan apabila hujan turun terus menerus akhirnya bendung air hujan itu bisa mendesak onggokan tanah longsor tadi. Akhirnya jebol sebagai banjir bandang," jelasnya.


"Sehingga yang perlu dijaga adalah upaya untuk dari PUPR untuk membersihkan onggokan-onggokan yang di atas," sambungnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini