Share

BMKG Ramal Gempa Cianjur Akan Melemah dan Berhenti 4 Hari ke Depan

Binti Mufarida, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712763 bmkg-ramal-gempa-cianjur-akan-melemah-dan-berhenti-4-hari-ke-depan-Ocst5NkSX0.jpg Kepala BMKG Dwikorita (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan bahwa gempa-gempa susulan yang masih terjadi di Cianjur pascagempa bermagnitudo (M) 5,6 akan terus melemah dan berhenti dalam 4 hari ke depan.

“BMKG memperhitungkan, kurang lebih 4 hari lagi, Insya Allah gempa-gempa tersebut sudah makin berkurang. Insyaallah berhentilah ya, Insya Allah doa kita demikian, dari hasil perhitungan,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (22/11/2022).

Sementara itu, BMKG mencatat terjadi sebanyak 145 kali gempa susulan dan kekuatan gempa sudah semakin melemah. Data tersebut tercatat hingga sore ini, pukul 17.00 WIB.

“Perlu kami sampaikan perkembangan kondisi kegempaan saat ini semakin melemah. Meskipun pada data yang termonitor 17.00, gempa susulan yang sudah terjadi 145 kali namun tidak perlu dicemaskan karena gempa-gempa susulan itu sebagian besar tidak dirasakan, yang bisa mencatat adalah alat,” kata Dwikorita.

Baca juga: Banyak Korban Alami Patah Tulang, TNI AL Kirim Dokter Spesialis hingga Bedah Umum ke Cianjur

Dwikorita pun mengungkapkan bahwa gempa-gempa susulan yang paling besar tercatat dengan M4,2 dan paling kecil M1,2. “Ada beberapa yang dirasakan, nah ini yang tercatat yang paling besar gempa susulannya magnitudo 4,2 dan yang paling kecil 1,2,” ujarnya.

Baca juga: Banyak Pelajar Jadi Korban Gempa Cianjur, Basarnas: Mereka Masih Ada di Sekolah

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada kesempatan itu, Dwikorita mengatakan bahwa gempa Cianjur ini merupakan perulangan periode 20 tahunan. “Bahwa gempa ini dari analisis kajian BMKG merupakan gempa dengan periode ulang kurang lebih 20 tahun, sebelumnya tahun 2000 yaitu 22 tahun yang lalu, dan sebelumnya lagi tahun 1982, 18 tahun yang lalu.”

“Sebetulnya sudah 6 kali ya, tapi tiga kali sebelumnya periode ulangnya lebih panjang, puluhan tahun lebih dari 20 tahun, yang 3 tali terakhir ini 20 tahunan, artinya apa gempa dapat terulang kemudian di kurang lebih 20 tahun kedepan,” paparnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini