Share

Pemerintah Akan Bangun Kembali Infrastruktur yang Rusak Akibat Gempa, Termasuk Rumah Warga

Dimas Choirul, MNC Media · Selasa 22 November 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712550 pemerintah-akan-bangun-kembali-infrastruktur-yang-rusak-akibat-gempa-termasuk-rumah-warga-av1IcqGZV0.jpg Pemerintah akan bangun kembali rumah warga yang rusak akibat gempa/Foto: Dimas Choirul

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyebut pemerintah akan membangun kembali rumah-rumah warga yang mengalami rusak berat akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Hal itu dilakukan setelah tahap tanggap darurat selesai.

 BACA JUGA:Tangani Korban Gempa Cianjur, Basarnas Beri Pelayanan Bedah Ortopedi

"Kedua, bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat itu nanti akan diganti oleh Pemerintah. Nanti tahap tanggap darurat selesai, masuk tahap rehabilitasi rekonstruksi baru membangun rumah-rumah masyarakat yang rusak berat," ujarnya kepasa wartawan, Selasa (22/11/2022).

Selain membangun rumah warga yang mengalami rusak berat, pemerintah juga akan membangun kembali sarana pendidikan dan tempat ibadah.

 BACA JUGA:130 Gempa Susulan Guncang Cianjur Hingga Siang Ini

"Sementara sarana-sarana yang lain seperti pendidikan, masjid, madrasah yang rusak nanti itu akan dibangun kembali oleh kementerian terkait. Pendidikan oleh Kementerian Pendidikan. Madrasah oleh Kementerian Agama," pungkasnya.

Sebagai informasi, gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) siang. Gempa juga turut dirasakan di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya.


Dalam peristiwa nahas itu, tercatat sebanyak 162 korban meninggal dunia dan 326 orang luka-luka. Sementara, untuk jumlah pengungsi saat ini terdata berjumlah 13.784 orang, dan kerusakan rumah dan bangunan sebanyak 2.345 unit. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini