Share

Tangani Korban Gempa Cianjur, Basarnas Beri Pelayanan Bedah Ortopedi

Dimas Choirul, MNC Media · Selasa 22 November 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712546 tangani-korban-gempa-cianjur-basarnas-beri-pelayanan-bedah-ortopedi-nzR0ZA0zBP.jpg Basarnas akan dirikan rumah sakit darurat gempa Cianjur (Foto: MPI)

JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) berencana untuk membuat rumah sakit darurat dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Rumah sakit itu akan fokus memberikan pelayanan bedah ortopedi.

"Mereka sudah memiliki tim dokter maupun peralatannya segera memberikan bantuan darurat sekali lagi darurat dalam bedah ortopedik," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi dalam konferensi pers di kantor Basarnas, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2022).

Berdasarkan data yang diberikan Henri, Basarnas mencatat sebanyak 162 korban meninggal dunia dan 326 orang luka-luka dalam peristiwa itu. Para korban luka tersebut disebutnya sudah tidak bisa berjalan sendiri, sehingga harus ditandu.

Baca juga: Tinjau Longsor di Cugenang Cianjur, Ini Arahan Presiden Jokowi

"Yang pertama, untuk korban saya pastikan korban yang terdampak itu cukup berat. Karena 300 lebih ya, ini cukup berat," ujarnya.

Sementara itu, untuk jumlah pengungsi saat ini terdata berjumlah 13.784 orang, dan kerusakan rumah dan bangunan sebanyak 2.345 unit.

Baca juga: Polri Terjunkan 1.000 Personel, Bantu Evakuasi dan Bangun Dapur Umum untuk Korban Gempa Cianjur

Kekinian, pihaknya telah menerjunkan 103 personel guna membantu pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur , Jawa Barat. Selain itu, Basarnas juga menerjunkan tiga rescue truck, 3 rescue compartment, dan dua rescue motor trail.

"Semua personel yang diterjunkan dilengkapi perlengkapan ekstrikasi medis, alat komunikasi serta peralatan pendukung lainnya. Jadi kecepatan kita perlu dituntut untuk bisa memberikan pertolongan," lanjutnya.

Sebagai informasi, gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin 21 November 2022 siang. Gempa juga turut dirasakan di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya. Musibah gempa tersebut mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia dan belasan ribu jiwa mengungsi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini