Share

Jokowi Berikan Bantuan Rp50 Juta untuk Rumah Terdampak Gempa Cianjur

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712530 jokowi-berikan-bantuan-rp50-juta-untuk-rumah-terdampak-gempa-cianjur-XVftQqA46J.jpg Jokowi tinjau lokasi gempa Cianjur (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan turun tangan untuk memberikan bantuan terkait rumah rusak akibat gempa bumi bermagnitudo (M) 5,6 di Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan pemerintah tersebut akan diberikan berupa uang tunai sesuai tingkat keparahannya.

"Rumah-rumah yang rusak berat, yang rusak ringan atau rusak sedang, pemerintah akan memberikan bantuan," ucap Presiden Jokowi saat menyambangi Desa Cugenang, Selasa (22/11/2022).

Adapun rumah warga yang rusak parah akan mendapati bantuan sebesar Rp50 juta, untuk rumah sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta. Meski demikian, Jokowi belum merinci bagaimana mengklasifikasi tingkat keparahannya.

Baca juga: Banyak Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur, Jokowi Bakal Berikan Bantuan

"Pemerintah akan memberikan bantuan yang rusak berat akan diberikan bantuan Rp50 juta, yang sedang Rp25 juta dan yang rusak ringan Rp10 juta," tuturnya.

Jokowi pun meminta pembangunan rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan memakai standar bangunan anti gempa. Jokowi pun meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memastikan pembangunan ini.

Baca juga: Presiden Jokowi Pastikan Jalur ke Cianjur Sudah Bisa Dilewati

"Yang paling penting adalah pembangunan rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar bangunan yang anti gempa oleh menteri PUPR karena tadi disampaikan BMKG gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga bangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah anti gempa," pungkasnya.

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini