Share

Banyak Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur, Jokowi Bakal Berikan Bantuan

Raka Dwi Novianto, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712503 banyak-rumah-rusak-akibat-gempa-cianjur-jokowi-bakal-berikan-bantuan-Jlk06xlFIs.jpg Presiden Jokowi (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memberikan bantuan untuk warga yang rumahnya terdampak akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dirinya menjelaskan nantinya penggantian dilihat dari seberapa besar kerusakan rumah warga.

"Untuk nantinya rumah-rumah yang rusak berat, yang rusak ringan, yang rusak sedang, pemerintah akan memberikan bantuan. Yang rusak berat akan diberikan bantuan 50 juta, yang sedang diberikan bantuan 25 juta dan yang ringan diberikan 10 juta," kata Jokowi dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Jokowi menekankan bahwa yang paling penting pembangunan rumah warga tersebut harus sesuai standar bangunan anti gempa.

"Tapi yang paling penting pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh menteri PUPR," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Pastikan Jalur ke Cianjur Sudah Bisa Dilewati

Jokowi menjelaskan bahwa gempa di Cianjur merupakan siklus gempa 20 tahunan. Maka dari itu pembangunan rumah warga harus sudah sesuai dengan standar anti gempa.

Baca juga: Ke Cianjur, Presiden Jokowi Minta Prioritaskan Evakuasi Korban Tertimbun Akibat Gempa

"Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adlaha gempa 20 tahunan, sehingga pembanguan rumahnya kita arahkan untk rumah anti gempa," ungkapnya.

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini