Share

Humor Gus Dur: Minta Bantuan Dukun dalam Pertandingan Sepakbola, Menang 10-0?

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 November 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712482 humor-gus-dur-minta-bantuan-dukun-dalam-pertandingan-sepakbola-menang-10-0-lrMggXWC7F.jpg Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Foto: NU Online)

JAKARTA Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur diketahui kerap melontarkan humor. Humor ini ditujukan untuk membuat rang tertawa sekaligus meredakan ketegangan politik kala itu.

Salah satunya adalah kisah yang diambil dari situs NU Online dan buku ‘Kumpulan Humor Gus Dur’. Alkisah, sebagai guru bangsa, menurut banyak kalangan, ilmu Gus Dur sangat komprehensif. Tak terkecuali sebagai pemerhati sepakbola.

Hal ini dibuktikan dengan puluhan tulisan kritisnya dalam menganalisis sebuah pertandingan sepakbola setingkat Piala Dunia.

Baca juga: Humor Gus Dur: Ketika Tukang Becak Masuk Kawasan 'Becak Dilarang Masuk'

Namun, cerita kali ini berbeda. Gus Dur bercerita, suatu hari tim sepak bola dari Kecamatan Wanasari akan bertanding melawan tim sepakbola Kecamatan Losari dalam Kejuaraan Piala Bupati. Berharap bisa menang, pimpinan persatuan sepakbola Wanasari pun minta bantuan seorang dukun.

Baca juga: Humor Gus Dur: Puisi Minta Jawaban Soal Ujian Matematika

“Oke, nanti saya buat 10 gol untuk kemenangan kalian,” kata sang dukun meyakinkan.

Ternyata pertandingan berakhir dengan skor 5-5. Tak terima dengan keputusan itu, kapten kesebelasan Kecamatan Wanasari melakukan protes kepada sang dukun yang telah dibayar mahal.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

“Lho, tadi saya sudah tiup bola dari sini untuk 10 gol,” ujar sang dukun.

“Iya, golnya memang 10, tapi skornya 5-5, imbang. Babak pertama kami mencetak 5 gol, tapi pada babak kedua setelah tukar tempat, kami kemasukan 5 gol. Sepuluh gol masuk ke gawang utara semua,” kata sang kapten kesebelasan Wanasari sewot.

“Oh... Sepakbola pakai tukar tempat ya? Saya ndak tahu kalau ada tukar tempat. Jadi ya, bola saya tiup semua ke gawang utara,” jawab sang dukun enteng.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini