Share

Prioritas Penanganan Gempa Cianjur, Menko PMK: Cari Korban Tertimbun, Data Rumah Rusak

Binti Mufarida, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712470 prioritas-penanganan-gempa-cianjur-menko-pmk-cari-korban-tertimbun-data-rumah-rusak-bg3Umbmqgk.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy/ Foto: Binti Mufarida

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan saat ini prioritas penanganan pascagempa M5,6 Cianjur yakni mencari korban yang masih tertimbun juga mendata rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan.

Mengingat, kata Muhadjir, gempa yang terjadi pada Senin 21 November 2022 pukul 13.20 WIB tersebut berskala sedang, tapi mengakibatkan daya rusak yang luar biasa.

 BACA JUGA:Presiden Jokowi Pastikan Jalur ke Cianjur Sudah Bisa Dilewati

Oleh karena itu, tegasnya, penanganan tanggap bencana memprioritaskan korban akan dilakukan secara paralel dan mengutaman semua korban, baik korban selamat, korban cedera, dan korban meninggal dunia.

“Kita prioritaskan menggali timbunan-timbunan yang diperkirakan ada korban hidup. Kita targetkan hari ini selesai. Mudah-mudahan masih bsia diselamatkan,” ucap Muhadjir dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (22/11/2022).

 BACA JUGA:PLTN Zaporizhzhia Kembali Ditembaki, Pejabat Rusia Peringatkan Risiko Kecelakaan Nuklir

Muhadjir juga menyatakan, akan dilakukan pendataan rumah yang terkena rusak ringan, berat, hingga fatal. Dia memerintahkan pihak terkait supaya melakulan pendataan secepat mungkin supaya bisa langsung melakukan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Dirancang kira-kira rekonstruksi bagaimana. Mulai dari kerusakan ringan sampai kerusakan berat. Harus tuntas. Nanti akan dibantu buat rumah tahan gempa. Kerusakan berat akan dibantu penanganannya oleh BNPB dan PUPR. Nanti akan diklasifikasi supaya mudah ditangani,” ungkapnya.

Muhadjir menerangkan, pihak BNPB telah menyuplai logistik dan kebutuhan dasar bagi para korban. Juga telah dibangun pokso utama di Kantor Bupati Cianjur.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kemudian, Pemerintah Provinsi telah mengalokasikan Dana Siap Pakai (DSP) 20 Miliar, Pemerintah Kabupaten mengalokasikan 5 Miliar, dan BNPB sudah menyalurkan bantuan sementara sebesar 500 Juta bantuan lain 1.5 Miliar. Kemudian, dana elastisitas juga akan dialokasikan melalui BNPB.

“Dari pihak pemerintah sudah membuat langkah-langkah cepat, dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi beserta jajarannya,” ungkapnya.

“Oleh sebab itu, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur, Pak Bupati dan seluruh jajaran yang telah mengambil langkah cepat sehingga penanganannya tidak bertele-tele dan tepat waktu dan bisa ditangani secara cepat,” jelas Muhadjir.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini