Share

Cianjur Terus Diguncang Ratusan Gempa Susulan, Begini Penjelasan Ahli Geologi

Arif Budianto, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712338 cianjur-terus-diguncang-ratusan-gempa-susulan-begini-penjelasan-ahli-geologi-QKfXHaxAxh.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BANDUNG - Ratusan gempa susulan terus terjadi di wilayah Cianjur, pasca gempa magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022). Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak khawatir atas gempa susulan tersebut.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 08.00 WIB, telah terjadi gempa susulan sebanyak 125 gempa. Namun kekuatan gempa tercatat terus menurun, dengan magnitudo 4.2 dan terkecil 1.5.

Ahli kegempaan Badan Geologi Supartoyo menjelaskan, gempa susulan akan terus terjadi hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Gempa susulan ini masih akan terjadi karena batuan atau tanah yang tersesarkan dan mengakibatkan gempa. Gempa susulan adalah proses menuju fase keseimbangan tanah.

"Gempa susulan tidak akan lebih besar dari gempa utama. Memang pada situasi seperti ini masyarakat panik, tapi kami akan terjunkan tim ke lapangan, untuk sosialisasi kepada warga terdampak, " jelas dia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Disinggung mengenai potensi gempa di Cianjur bisa memicu sesar lainnya, dia menyebutkan bisa terjadi jika jaraknya dekat. Namun hal itu tidak selalu terjadi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini