Share

Gempa Cianjur, Muhammadiyah Kirim Relawan dan Tim Medis

Widya Michella, MNC Media · Selasa 22 November 2022 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 337 2712182 gempa-cianjur-muhammadiyah-kirim-relawan-dan-tim-medis-tJyAJ1ZyfO.jpg Muhammadiyah kirim relawan dan tim medis bantu tangani gempa Cianjur. (Ilustras/BNPB)

JAKARTA - Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah, Budi Setiawan mengatakan, pihaknya menginstruksikan relawan bergerak bantu warga terdampak gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat.

“Allah memberikan satu cobaan kita bersama dengan adanya gempa di Cianjur. Untuk itu saya Budi Setiawan, Ketua MDMC, meminta kepada relawan di Cianjur dan Jawa Barat untuk segera berkoordinasi untuk melakukan respon cepat,”ujar Budi dikutip dalam laman resmi Muhammadiyah, Selasa (22/11/2022).

Budi Setiawan juga menugaskan tim asistensi guna membantu MDMC Wilayah Jawa Barat dan MDMC Kabupaten Cianjur dalam melaksanakan respons tanggap darurat.

“MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan segera menuju ke lokasi untuk melakukan pengembangan, kegiatan dan respon sehingga kemudian semuanya berlangsung dengan seksama,” tuturnya.

Budi turut mengajak warga Muhammadiyah membantu para penyintas.

“Kepada semua keluarga besar Muhammadiyah dengan semangat sukses muktamar marilah kita membantu saudara-saudara kita di Cianjur,”kata dia.

Lebih lanjut, MDMC PP Muhammadiyah mengerahkan tim bantuan medis dari RS Muhammadiyah Bandung dan RSI Pondok Kopi, Jakarta Timur. Masing-masing rumah sakit 5 personil, dengan rincian 1 dokter, 2 perawat, 1 tenaga farmasi dan 1 logistik.

Sementara itu, MDMC Jawa Barat mengerahkan personil untuk membantu relawan Muhammadiyah Kabupaten Cianjur.

Sekretaris MDMC Jawa Barat, Ade Irvan Nugraha merinci setidaknya ada 3 personil dari wilayah, 8 dari Kabupaten Bogor dan 5 dari Kota Bandung.

“Relawan Muhammadiyah Cianjur sudah bergerak, Pos Koordinasi (Poskor) di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Cianjur,” kata dia.

Pos Pelayanan (Posyan), lanjutnya juga didirikan di Islamic Centre Muhammadiyah Jl. Cilengsar No. 10 Cipanas.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini