Share

2 Tokoh Ini Ramal Terjadi Bencana Alam Besar di Indonesia, Begini Prediksi BMKG

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Selasa 22 November 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 337 2712078 2-tokoh-ini-ramal-terjadi-bencana-alam-besar-di-indonesia-begini-prediksi-bmkg-bm1PSG61BT.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

PARA peramal di Indonesia, seperti ahli tarot Denny Darko dan mendiang Mbak You sempat menyatakan hasil terawangannya terkait bencana alam besar yang akan melanda Indonesia.

Berikut terawangan keduanya dan analisis BMKG terkait bencana alam Indonesia ke depannya.

1. Denny Darko

Pada Agustus 2021 lalu, Denny memprediksi akan adanya tsunami besar yang melanda pesisir Selatan Jawa. Meskipun demikian, Denny tetap menekankan bahwa waktu tepat terjadinya sebuah bencana hanyalah rahasia Tuhan.

2. Mbak You

Sementara itu, sebelum meninggal dunia, Mbak You juga sempat meramalkan bahwa banyak bencana alam yang akan melanda Indonesia pada Juni hingga November 2022.

BMKG Ungkap Analisis

Sebenarnya, Indonesia memang berpotensi mengalami bencana alam. Sebab, hal tersebut tidak dapat dihindarkan. Jika menilik prakiraan yang dikemukakan BMKG melalui datanya di laman resmi, banjir adalah salah satu bencana yang sangat berpotensi terjadi di Indonesia.

Untuk bulan Desember 2022 mendatang, BMKG menyebut ada beberapa wilayah di Kalimantan Barat yang berpotensi mengalami banjir tinggi, yakni Ketapang, Bengkayang, Banggau, dan Landak.

Wilayah lain yang berpotensi mengalami banjir tinggi adalah di Sulawesi Selatan. Adapun wilayah yang dimaksud adalah Makassar, Gowa, dan Barru. Di Maluku, wilayah yang akan mengalami banjir dengan intensitas tinggi yakni Maluku Tenggara Barat dan Maluku Tenggara.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara itu, sebagian besar wilayah Indonesia akan dilanda banjir berintensitas rendah dan sedang. Zona musim hujan yang dimiliki oleh masing-masing wilayah di Indonesia berbeda. Jawa, misalnya, awal musim hujan 2022/2023 di pulau ini akan berlangsung pada September-Desember 2022. Di Sumatera, musim hujan akan berlangsung selama Agustus 2022 sampai Mei 2023. Lain lagi dengan musim hujan di Kalimantan yang berjalan di bulan Juli 2022 hingga Maret 2023.

Pihak BMKG juga menyampaikan bahwa gangguan iklim dari Samudra Pasifik yakni ENSO atau El Nino-Southern Oscillation. Artinya, tidak akan terjadi La Nina yang mampu memicu anomali iklim basah ataupun El Nino yang merupakan pemicu anomali iklim kering. Suhu muka laut Indonesia juga terpantau hangat pada September sampai November 2022.

Kemudian, suhunya akan turun kembali ke posisi normal pada Desember 2022 sampai Mei 2023. BMKG tetap mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah harus tetap bersiap dan meningkatkan optimalisasi fungsi infrastruktur sumber daya air. Sebab, bencana hidrometeorologi (banjir, badai, tanah longsor, angin kencang, dan gelombang panas) akan tetap terjadi. Ditambah, intensitas curah hujan di tahun 2023 akan lebih tinggi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini