Share

Sejarah Spanyol Gagah Menjajah Indonesia, Kalah Dominan dari Belanda

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 21 November 2022 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 337 2711855 sejarah-spanyol-gagah-menjajah-indonesia-kalah-dominan-dari-belanda-BHZmYPQsmk.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Terkuak ini alasan Spanyol gagal menjajah Indonesia yang tak banyak orang tahu. Sebelum memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, selama berabad-abad Indonesia telah merasakan dijajah oleh beberapa negara asing.

Negara-negara tersebut, mulai dari pedagang Portugis dan Spanyol, hingga penjajahan Belanda dengan VOC-nya, dan terakhir Jepang dengan semboyannya Nippon Cahaya Asia.

Terkuak ini alasan Spanyol gagal menjajah Indonesia dikarenakan hanya ingin melakukan pelayaran ke Asia Tenggara. Tujuan mereka adalah untuk mencapai negara penghasil rempah-rempah setelah berhasil masuk ke Indonesia.

Namun ternyata, Spanyol gagal untuk menjajah Indonesia. Portugis yang saat itu masih menjajah Indonesia menganggap Spanyol melanggar hak monopoli Portugis, padahal pada dasarnya berada di wilayah perdagangan yang berbeda.

Follow Berita Okezone di Google News

Portugis bekerja sama dengan Kerajaan Ternate, sedangkan Spanyol bekerja sama dengan Kerajaan Tidore.

Namun, masih ada persaingan perdagangan yang berkepanjangan antara kedua negara.

Awalnya kedua negara ini berseteru dan membagi dua wilayah jajahan dalam perjanjian Saragosa. Spanyol menjajah bagian barat dan Portugis pada bagian Timur. Kedua negara ini akhirnya bersatu dibawah kekuasaan Philip II tahun 1580.

Akhirnya pada tahun 1529 konflik tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa Spanyol harus meninggalkan Maluku dan melakukan perdagangan di Filipina. Sementara Portugis terus berdagang di Maluku.

Hingga, Belanda ke Indonesia pada tahun 1596 tentunya menjadi ancaman bagi Spanyol dan Portugis. Keduanya tidak ingin membagi tanah jajahannya kepada Belanda.

Ternyata Belanda jauh lebih kuat. Negeri Kincir Angin itu mulai mendirikan dinasti perdagangan VOC di Banten pada tahun 1603. Bahkan, Belanda juga merebut benteng Portugis di Ambon dan membangun pusat perdagangan di sana.

Pusat perdagangan Spanyol di Manila juga turut Belanda alih pada tahun 1609. Perlakukan Belanda membuat Juan de Silva sebagai Gubernur Spanyol di Filipina geram. Ia ingin menghancurkan Belanda yang telah mengambil alih jalur perdangannya.

Juan de Silva bersama Gubernur Portugis, Jerónimo de Azevedo, sepakat membangun armada untuk menyerang Belanda di Manila.

Sayangnya, pada tahun 1651 armada Portugis tak kunjung datang ke Manila. Hingga akhirnya, Juan de Silva memerahkan sendiri armada Spanyol ke Jawa dan Maluku. Ia juga turut membawa senjata perang dengan 2000 tentara Spanyol dan 500 tentara bayaran Jepang.

pasukan Spanyol mendapati Portugis telah hancur lebur tahun 1615. Armada Portugis habis dalam perjalanan karena berperang melawan pasukan Aceh dan Belanda.

Hancurnya Portugis di tangan Belanda membuat Spanyol kalang kabut. Pada 19 April 1616, pasukan Spanyol harus berlayar tanpa pemimpin. Sebab, Juan de Silva meninggal dunia karena sakit. Dominasi Belanda membuat Spanyol gagal menjajah Indonesia.

Itulah tadi telah terkuak ini alasan Spanyol gagal menjajah Indonesia. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini