Share

Gempa M5,6 Guncang Cianjur, Bikin Tebing Longsor dan Jalur Cianjur-Cipanas Terputus

Tim Okezone, Okezone · Senin 21 November 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 337 2711762 gempa-m5-6-guncang-cianjur-bikin-tebing-longsor-dan-jalur-cianjur-cipanas-terputus-FNPHubj32c.jpg Gempa Cianjur/Foto: Tangkapan layar

CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan bahwa ada korban jiwa dalam bencana gempa M5,6 yang mengguncang Cianjur pada siang ini. Namun dia belum dapat memastikan jumlah korban meninggal maupun luka-luka karena masih proses pendataan.

Dia mendapatkan laporan bahwa ada tebing yang longsor di Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang. Hal itu membuat arus lalu lintas Cianjur-Cipanas terputus. Herman pun menerima informasi ada sekitar delapan mobil yang sedang melintas tertimbun longsor di sana. Saat ini sedang dilakukan evakuasi.

 BACA JUGA:BMKG Catat 15 Gempa Susulan Pasca Gempa M 5,6 Guncang Cianjur

Dia juga mendapat laporan dari kepala desa di Kecamatan Cugenang bahwa banyak rumah warga yang hancur. Bangunan SMK 1 Cugenang hancur.

“Banyak jalan yang terputus sehingga mobil maupun sepeda motor tidak bisa melintas. Para kepala desa di Cianjur melaporkan bahwa mereka membutuhkan alat berat untuk membersihkan bangunan rusak dan longsor,” terang Herman.

 BACA JUGA:Polda Metro Umumkan Penyebab Kematian Satu Keluarga Tewas Mengering di Kalideres

Beberapa rumah sakit sudah menampung sejumlah warga yang terkena longsordan terkena runtuhan rumah-rumah mereka. “Semua aparat sekarang sedang mobile untuk memantau dampak gempa dan memberi pertolongan pertama kepada korban. Itu prioritas saat ini selain kembali membuka jalur jalan yang terputus agar petugas dan alat berat bisa mudah melakukan evakuasi,” jelasnya.

Sedikitnya, kata Herman, ada empat rumah sakit yang menjadi rujukan utama evakuasi para korban gempa di Cianjur. Dua rumah sakit daerah dan dua lagi RS swasta.

Dia memastikan, wilayah Cianjur Selatan relatif aman dari dampak gempa. Daerah terparah adalah di Cianjur kota dan Kecamatan Cugenang. Herman mengungkapkan, dirinya menyaksikan langsung banyak warga histeris dan berkerumun di pinggir-pinggir jalan. Gedung DPRD Cianjur tak luput dari kerusakan.

“Tadinya saya ada agenda rapat paripurna siang ini. Jadi ditunda,” kata Herman.

Saat ini, kata dia, situasi belum aman karena masih terjadi gempa-gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini