Share

3 Tokoh Nasional yang Dikenal Kerap Marah-Marah, Ada Risma dan Ahok

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Selasa 22 November 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 337 2711646 3-tokoh-nasional-yang-dikenal-kerap-marah-marah-ada-risma-dan-ahok-BXjlgczaBo.jpg Momen saat Risma marah. (Foto: Tangkapan layar)

SEBAGAI pemimpin atau pemegang jabatan penting, seorang tokoh memang wajib bersikap tegas dan melakukan peneguran jika ada yang tidak sesuai.

Namun, ada sejumlah tokoh nasional yang dikenal kerap marah-marah. Siapa sajakah mereka?

1. Tri Rismaharini

Tri Rismaharini atau Risma, Mantan Wali Kota Surabaya yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial, dikenal sebagai tokoh yang temperamental.

Ketika masih menjabat sebagai Wali Kota tahun 2018, Risma pernah mengamuk di kantor Kecamatan Tandes karena melihat kantor yang kurang bersih. Risma ketika itu sedang melakukan sidak bersama KPK. Ia lantas memarahi Camat Tandes karena dipandang tidak mampu menjaga kebersihan.

Saat sudah menjadi Menteri Sosial, Risma juga pernah memarahi seorang aktivis ketika melakukan kunjungan kerja di Lombok Timur, NTB, pada 13 Oktober 2021.

 Baca juga: Mensos: Saat Hujan Turun, Warga yang Rumahnya di Tebing Segera Cari Lokasi Aman

Diketahui, para aktivis dan mahasiswa melakukan protes karena menduga adanya keterlibatan oknum kepala desa dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) sebagai supplier dalam penyaluran bansos. Para aktivis menyampaikan aspirasinya sembari berteriak-teriak.

Tak terima, Risma meminta data kepada pengunjuk rasa bahwa kejadian itu benar adanya. Namun, aktivis terus saja meminta Risma untuk menerima bahwa kepala desa dan TKSK menjadi penyalur bansos.

“Kalau enggak ada niat baik ngapain saya ke sini, itu yang pertama. Yang kedua, saya tidak tahu apakah ini supplier atau tidak. Saya menteri, tidak ngurus supplier. Yang ketiga, kalau Anda mau memperjuangkan silakan, data saya terima sekarang. Saya tunggu,” kata Risma sembari berlalu meninggalkan aktivis tersebut.

2. Basuki Tjahaja Purnama

Selanjutnya, ada nama Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama, yang merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014 dan Gubernur DKI Jakarta tahun 2014 sampai 2017.

Sikap temperamental Ahok terlihat ketika ia mengunjungi rusun (rumah susun) Marunda, Jakarta Utara pada 13 Juni 2013. Ia melihat adanya pelayanan rusun yang kurang baik, sehingga masyarakat kesulitan mendaftar sebagai penghuni rusun.

“Apa salahnya sih orang Dinas Perumahan bawa ke rusun. Ini kan orang yang ekonominya tidak mampu, harusnya pelayanan dibawa ke rusunnya kan?” kata dia.

Bahkan, Ahok meminta petugas Dinas Perumahan untuk berjaga di rusun hingga malam hari.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Amir Sjarifuddin

Amir Sjarifuddin merupakan Perdana Menteri Indonesia yang menjabat pada 1947 hingga 1948. Tepat setelah proklamasi Indonesia tahun 1945, Amir pernah dipercaya sebagai Menteri Penerangan dan Menteri Pertahanan Indonesia.

Ketika bekerja bersama Bung Hatta, Amir dikenal sebagai sosok yang sulit dianalisa sifat-sifatnya. Berbagai sumber menyebut, Amir adalah sosok yang temperamental. Karenanya, Amir sering dimanfaatkan oleh kawan-kawannya di PKI dan kerap diprovokasi.

Amir ditangkap setelah peristiwa Madiun tahun 1948, saat sedang mengikuti kongres SBKA (Serikat Buruh Kereta Api). Ia tewas pada 19 Desember 1948 usai ditembak di sekitar Desa Ngalihan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini