Share

BPOM Sanksi 5 Industri Farmasi, Izin Edar Obat Sirup Dicabut!

Tim Okezone, Okezone · Kamis 17 November 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 337 2709714 bpom-sanksi-5-industri-farmasi-izin-edar-obat-sirup-dicabut-F8XkX8C45P.jpg Kepala BPOM Penny L Lukito (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI memberikan sanksi terhadap lima industri farmasi terkait dengan cemaran dalam obat sirup.

Kepala BPOM Penny L Lukito mengungkapkan, dari hasil pengawasan dan pengujian terhadap produk jadi dan bahan baku sebelumnya pada 5 industri farmasi diketahui mengandung cemaran EG/DEG hingga mencapai 433-702 kali melebihi ambang batas.

"Kelima IF tersebut telah diberikan sanksi administratif berupa pencabutan sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), pencabutan izin edar produk sirup obat, penghentian kegiatan produksi, penarikan semua sirup obat dari peredaran, dan pemusnahan semua persediaan (stock) sirup obat," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (17/11/2022).

Selain itu, BPOM juga telah memberikan sanksi administratif berupa pencabutan Sertifikat Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) terhadap 2 (dua) Pedagang Besar Farmasi (PBF) yang terlibat dalam peredaran bahan baku Propilen Glikol yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Menurut Penny, industri farmasi sebagai pemegang izin edar obat bertanggung jawab terhadap mutu, keamanan, dan khasiat produk, termasuk mutu bahan baku yang digunakan, serta wajib melakukan pemantauan khasiat, keamanan, dan mutu obat selama obat diedarkan dan wajib melaporkan hasilnya kepada BPOM.

"IF harus mematuhi ketentuan, standar, dan regulasi yang berlaku antara lain Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, dan Peraturan BPOM Nomor 24 Tahun 2017 tentang Kriteria dan Tata Laksana Registrasi Obat," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini