Share

Humor Gus Dur: Boleh Berantem tapi Keselamatan Bangsa Tetap Diutamakan

Doddy Handoko , Okezone · Jum'at 18 November 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 337 2709619 humor-gus-dur-boleh-berantem-tapi-keselamatan-bangsa-tetap-diutamakan-wGzfY6MRQM.jpg KH. Abdurrahman Wahid. (Foto: Ist.)

JAKARTA โ€“ Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal gemar berguyon dan memiliki banyak cerita, anekdot cerdas yang membuat orang yang mendengarnya tertawa. Tak jarang, humor Gus Dur dimulai dengan menertawai dirinya sendiri, sehingga tak membuat orang lain tersinggung.

Dilansir dari NU.online, suatu saat Gus Dur berceramah di depan sejumlah besar massa. Gus Dur kemudian mengajak massa untuk membaca sholawat bersama-sama dengan suara keras.

Setelah selesai bersholawat, Gus Dur kemudian menjelaskan bahwa selain mencari pahala, sholawat yang baru saja dilakukan bersama-sama adalah untuk mengetahui berapa banyak orang yang hadir.

"Dengan lantunan sholawat tadi, saya jadi tahu berapa banyak yang hadir di sini. Habis, saya tak bisa melihat. Jadi, untuk tahu besarnya yang hadir, ya dari suara sholawat saja," jelasnya.

Tidak hanya melucu, Gus Dur juga seringkali menyampaikan petuah dan nasihat kepada orang-orang. Salah satu contoh adalah saat dia menyampaikan pesan kepada para hadirin dalam sebuah seminar di Batam.

Gus Dur menjelaskan kebersamaan harus diawali dengan sikap berbaik hati terhadap sesama.

โ€œOleh karena itu seluruh umat bertanggung jawab atas masa depan bangsa. Boleh berantem satu sama lain tapi keselamatan bangsa tetap diutamakan,โ€ kata Gus Dur disambut tawa peserta.

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini