Share

Mensos: Saat Hujan Turun, Warga yang Rumahnya di Tebing Segera Cari Lokasi Aman

Widya Michella, MNC Media · Kamis 17 November 2022 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 337 2709130 mensos-saat-hujan-turun-warga-yang-rumahnya-di-tebing-segera-cari-lokasi-aman-dMnpdGvzOz.JPG

SUKABUMI - Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini melakukan peninjauan titik longsor yang menimbun rumah-rumah warga tak jauh dari Kantor Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, Sukabumi, Rabu (16/11/2022).

Berjarak tak kurang dari 1 kilometer, Mensos menuju lokasi dengan dibonceng sepeda motor dan membelah jalanan kampung.

Bersama Waki Bupati Sukabumi dan Kepala Desa Pasir Datar Indah, Mensos mengamati kondisi rumah-rumah yang saat ini telah rata oleh tanah. Mensos lantas merekomendasikan untuk merelokasi hunian itu.

"Tadi, saya minta (kepada pemerintah desa setempat), agar beberapa rumah direlokasi karena kondisinya, menurut saya, membahayakan kalau dibangun kembali (di lokasi yang sama),"ujar Mensos dikutip dalam rilis resmi Kemensos, Kamis (17/11/2022).

Mengingat kondisi cuaca yang tengah ekstrem belakangan ini di sebagian besar wilayah Indonesia, untuk itu, pihaknya menghimbau warga yang tinggal di lokasi rawan bencana untuk mengambil langkah antisipatif.

"Saat ini, curah hujan sangat tinggi. Karena itu, antisipasinya harus lebih ditingkatkan, supaya tidak ada korban lagi. Misalnya, saat hujan mulai turun, warga yang rumahnya berada di dekat tebing/jurang, harus sadar untuk segera meninggalkan rumah, atau pindah ke tempat yang lebih aman," kata Mensos Risma.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, Mensos Risma memberikan santunan kematian sebesar Rp15 juta per korban jiwa kepada empat ahli waris dari lima korban meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor. Dimana keempat ahli waris dari korban itu meninggal dunia akibat banjir di Kecamatan Cisaat, tanah longsor di Kecamatan Caringin dan Kecamatan Kadudampit.

Sementara itu, bantuan logistik dari Kemensos telah dikirim dari Gudang Induk Bekasi ke Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, pada Selasa (15/11). Bantuan logistik terdiri dari Makanan Siap Saji 1.000 paket, Makanan Anak 400 paket, Kasur 50 lembar, Selimut 200 lembar, Family Kit 50 paket, Kidsware 50 paket, dan Tenda Merah Putih.

Pada kesempatan itu, Mensos, yang kehadirannya di Kantor Desa Pasir Datar Indah, diterima Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, juga menyerahkan bantuan untuk penanganan bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Sukabumi sebesar Rp292.407.000.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini