Share

4 Jenderal TNI Jebolan Akmil 1970 yang Miliki Karier Moncer, Nomor 1 dan 2 Tokoh Legendaris Kopassus

Tim Okezone, Okezone · Selasa 15 November 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 337 2707903 4-jenderal-tni-jebolan-akmil-1970-yang-miliki-karier-moncer-nomor-1-dan-2-tokoh-legendaris-kopassus-wqzuzYCPCv.jpg Luhut saat di Kopassus/Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Pangkat Jenderal bintang 4 merupakan kedudukan tertinggi yang dapat dicapai seorang Perwira Tinggi (Pati) dalam karier militernya. Kendati demikian, tidak mudah untuk dapat meraih capaian puncak karier tersebut.

(Baca juga: Jabat Wadanjen Kopassus, Ini Profil Brigjen Achiruddin Mantan Perisai Hidup Jokowi Pemberi Merah Putih ke Abu Bakar Ba'asyir)

Sejak didirikan pada 31 Oktober 1945 dengan nama Militaire Academie (MA) di Yogyakarta, hanya 29 orang yang berhasil meraih pangkat Jenderal. Dari jumlah tersebut, lulusan Akmil 1970 terbilang istimewa karena paling banyak lulusannya yang berhasil mencapai pangkat Jenderal TNI.

Melansir website resmi akmil.ac.id, Selasa (15/11/2022) tercatat ada empat orang lulusan Akmil 1970 yang menyandang pangkat Jenderal TNI. Berikut daftarnya.

1. Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo

Pria kelahiran 12 Juni 1946 di Desa Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan lulusan Akmil 1970 pertama yang meraih pangkat Jenderal TNI.

Mantan Danjen Kopassus ini mendapat pangkat Jenderal penuh pada 11 Februari 1998 saat dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Wiranto yang diangkat menjadi Panglima TNI oleh Presiden Soeharto.

Subagyo yang merupakan KSAD ke 20 merupakan sosok yang berperan penting dalam menjaga stabilitas keamanan di Tanah Air yang saat itu tengah mengalami pergolakan.

2.Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut saat ini menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves).Berbeda dengan tiga rekan seangkatannya yang meraih pangkat Jenderal TNI saat masih aktif berdinas, Luhut Binsar Pandjaitan memperoleh pangkat tertingginya tersebut setelah pensiun. Dia juga lama berdinas di Korps Baret Merah Kopassus.

3.Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi

Fachrul Razi pernah menjabat sebagai Menteri Agama (Menag) di periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di militer, karier Fachrul Razi cukup moncer.

Pangkat tertinggi itu diraihnya saat menjabat sebagai Wakil Panglima TNI mendampingi Panglima TNI Laksamana TNI Widodo Adi Sutjipto atau Widodo A.S terhitung mulai tanggal 1 November 1999.

 

4. Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto

Tyasno Sudarto meraih pangkat tertingginya di militer saat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 19 November 1999. Jabatan KSAD diraih pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah pada 14 November 1948 saat menggantikan posisi rekan seangkatannya di Akmil yakni, Jenderal TNI Subagyo HS.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini